MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, November 19, 2016

Polisi Tembak Mati Begal Sadis di Bandung

BANDUNG, Swaranasionalpos.com - Satuan Reserse dan Kriminal Polrestabes Bandung menembak mati seorang pelaku kejahatan jalanan yang kerap beraksi di wilayah Kecamatan Coblong, Jumat 18 November 2016 dini hari.

Pelaku dilumpuhkan polisi saat hendak melakukan aksi kejahatan di Jalan Babakan Siliwangi, Kota Bandung. Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Winarto membenarkan anggotanya menembak mati seorang pelaku tindak kejahatanan jalanan yang meresahkan warga.

"Dini hari tadi anggota kami terpaksa menembak mati seorang pelaku kejahatan jalanan berinisal AM alias Odon," kata Winarto.

Ia menjelaskan, anggotanya terpaksa menembak mati tersangka karena melakukan perlawanan saat akan ditangkap polisi di daerah Babakan Siliwangi. Saat itu tersangka tertangkap basah ketika melakukan aksi pembegalan. Odon bahkan sempat menabrakan motornya ke motor anggota polisi yang mengejarnya.

"Saat akan ditangkap, tersangka malah menyabetkan samurai yang dibawanya, sehingga dengan terpaksa anggota pun menembakkan senjata ke arah dada korban sebanyak dua kali," tutur Winarto, didampingi Kasat Reskrim M. Joni, seperti dikutip PR dari Galamedianews.com.

Peran Odon terungkap setelah sebelumnya polisi menangkap tiga pelaku begal lainnya. Ketiganya yaitu BY alias Obay, Iday, dan Adit. Dari mulut ketiganyalah terungkap Odon adalah pimpinan komplotan tersebut.

Komplotan tersebut kerap melakukan aksi kejahatan jalanan dengan modus begal di daerah Ir H Djuanda sekitarnya. Mereka kerap membawa senjata tajam yang disimpan di tubuhnya. Saat ditangkap, salah satu anggota polisi terluka terkena sabetan cutter yang dibawa tersangka. Dan akhirnya anggota pun menembak para pelaku.

Polisi mengamankan satu kendaraan motor matic dan satu telefon seluler yang diduga merupakan hasil curas.
Salah seorang pelaku, Adit mengaku bersama tiga rekan lainnya melakukan aksi pembegalan terhadap mahasiswa ITB. "Kita pepet korban, dan langsung memukul korban dengan samurai," katanya.

Rekam Jejask Pelaku

Pelaku begal sadis yang kerap beraksi di Kota Bandung ini diketahui bernama HM alias Odon merupakan residivis dalam kasus yang sama. Terhitung sudah delapan kali pelaku melakukan aksi begal sejak tahun 2012 silam.

"Pelaku sudah delapan kali beraksi sejak tahun 2012. Pelaku kerap melukai korbannya saat beraksi," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Winarto kepada wartawan di Mapolres, Jalan Jawa, Jumat (18/11/2016) dikutif detik.

Winarto menjelaskan dalam menjalankan aksinya Odon tidak sendiri. Pelaku kerap beraksi bersama komplotan berandalan motor lainnya. Polisi menduga pelaku memiliki peran penting di setiap aksi kejahatan jalanan tersebut.

"Pelaku ini pemain lama, karena dia residivis juga. Setiap aksinya beberapa kali ganti kelompok, tapi diduga dia otaknya," jelas dia.

Menurutnya polisi cukup kesulitan mengejar keberadaan Odon selama ini. Pasalnya, pelaku kerap berpindah-pindah tempat untuk menghindari petugas di lapangan. Sehingga, pelaku baru bisa tertangkap hari ini.

"Pelaku cukup lihai dan licin juga, petugas anggota memang cukup kesulitan," ucap dia.

Ia menyebut dalam menjalankan aksinya pelaku tidak menargetkan kawasan tertentu artinya random."Tidak ada target khusus, tapi kebanyakan memang di Coblong," kata Winarto.

Sebelumnya, Odon tewas ditembak polisi karena melawan saat akan ditangkap di wilayah Babakan Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jumat (18/11/2016) pukul 03.30 WIB dini hari. Odon merupakan salah satu kelompok begal yang melukai mahasiswa ITB di Jalan Tamansari beberapa waktu lalu.
(***)

No comments:

Post a Comment