MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, November 19, 2016

Pasar Cikurubuk Akan Ditata, Setelah PKL Direlokasi Ke Maya Graha



Direktur PD Pasar Kota Tasikmalaya, Asep Safari Khusaeri SH MH
Kota Tasikmalaya, SNP - Pasca pemberitaan sebelumnya terkait Pasar Induk Cikurubuk Kota Tasikmalaya yang kondisinya semakin sangat “Sareukseuk”, menuai reaksi keras dari para nitizen di media social. Bahkan berita itu menjadi trending topic di komunitas Forum Warga Tasikmalaya.


Akibat pemberitaan tersebut, akhirnya Direktur PD Pasar Kota Tasikmalaya, Asep Safari Khusaeri SH MH angkat bicara. Menurutnya Pasar Induk Cikurubuk Kota Tasikmalaya akan segera ditata, setelah nanti bisa merelokasikan sebanyak 2.400 PKL ke areal milik PT Maya Graha. 

“Memang saat ini belum ditata, sebab butuh waktu dan tempat relokasi. Tapi insha Alloh kalau sudah PKL direlokasi, semuanya akan beres. Karena perizinan pembangunan untuk menampung PKL itu sedang dalam proses,” terang Mantan Caleg dari PPP tersebut, Sabtu (19/11).

Kata Asep, lokasi PT Maya Graha itu tepatnya persis di depan Pasar Induk Cikurubuk. Pada saat ini pembangunannya itu sedang dalam proses perizinan, sehingga tidak bisa memastikan kapan sejumlah PKL direlokasi tempat itu.

Terkait komunikasi dengan PKL, diakuinya selama ini sudah clear, tidak ada masalah penolakan untuk pindah. Karena mereka sudah siap untuk direlokasikan kapan saja waktunya. Jadi kini hanya tinggal menunggu beres perizinannya saja.

Sekarang ini pihaknya belum berani expose, sebelum perizinannya selesai. Karena dikhawatirkan akan menjadi suatu hambatan nantinya.Apalagi mengatur orang pasar itu juga harus ekstra hati-hati, sebab penuh dengan dinamika.

“Jadi kenapa hingga sekarang kami belum ada penataan? Sebab menunggu terlebih dahulu para PKL direlokasikan. Setelah itu baru ada penataan pembangunan rehabilitasi bangunan dan sarana prasarana. Sehingga kami pun menunggunya sampai perizinananya itu selesai,” bebernya.

Sementara itu di tempat terpisah Pemerhati Sosial Tasikmalaya, Mumuh Pangestu S.Sos mengaku sangat prihatin dengan lambatnya PD Pasar Kota Tasikmalaya untuk segera mencari solusi untuk penataan pasar Cikurubuk.

“Kondisi pasar tersebut sudah sangat memprihatinkan, padahal seharusnya ada kepedulian dari PD Pasar Kota Tasikmalaya untuk bisa membenahinya, supaya bisa menciptakan pasar tradisional yang bersih, rapih dan teratur,” herannya.

Mumuh berharap jangan sampai pasar induk Cikurubuk itu ditinggalkan para pembelinya, dengan cara beralih ke pasar modern hanya karena kondisi pasar tersebut tidak nyaman. Sudah seharusnya pasar tradisional itu bisa bersaing dengan pasar modern.

Sedangkan terkait direlokasikannya sejumlah PKL ke areal PT Maya Graha itu, apakah para PKL itu akan menempati kios baru ataukah mereka malah menjadi PKL kembali? Tentunya dengan adanya relokasi itu tidak merugikan sepihak para PKL.(Ariska/D.Saefudin)

No comments:

Post a Comment