MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, November 30, 2016

Wow…di Kota Tasikmalaya Ada 700 Bangunan Liar Berdiri di Atas Sungai



Kepala Seksi Pengairan Bina Marga Kota Tasikmalaya, Yadi Kusdiman
Kota Tasikmalaya, SNP - Pesatnya pertumbuhan perumahan di Kota Tasikmalaya berdampak terhadap maraknya juga alih fungsi bangunan yang kian tidak terkendali.Tidak sedikit bangunan-bangunan liar pun merajalela berdiri di atas sungai.

Menurut Kasie Pengairan Bina Marga Kota Tasikmalaya, Yadi mengatakan saat ini di Kota Tasikmalaya terdapat sebanyak 700 bangunan liar yang berdiri di atas sungai. Data tersebut merupakan hasil investigasinya pada 2012.

Hadirnya bangunan itu menjadi kendala bagi aliran sungai.Apalagi bila banyak sampah yang menumpuk.Aliran sungai akan terganggu.Sehingga menghalangi dalam melaksanakan pemeliharaan sungai.Akibatnya Kota Tasikmalaya pun baru-baru ini di repotkan oleh banjir.

“Padahal 2014 sudah diserahkan data tersebut melalui surat kepada Satpol PP dan Dinas Cipta Karya agar segera ditindak lanjutinya.Sebab ini sudah sangat jelas sekali bertentangan dengan Perda Nomor 17 Tahun 2011.Tapi sampai saat ini, kami tidak tahu bagaimana perkembangan selanjutnya,” terangnya, Rabu (30/11).

Kata Yadi, pihaknya selama ini hanya sebatas mendata sejumlah bangunan liar saja.Serta juga memberikan pemahaman akan dampaknya kepada warga.Selain itu juga hadirnya bangunan-bangunan itu sangat menganggu dan menghalangi dalam melaksanakan pemeliharaan sungai.

“Kami sudah menghimbau kepada masyarakat agar jangan membangun di atas sungai.Tapi mereka tetap saja membandel.Sedangkan kami tidak punya kewenangan untuk melakukan tindakan pembongkaran.Sehinga kini banyak bermunculan bangunan yang lainnya,” tuturnya.

Yadi pun tadinya berharap setelah menyerahkan semua data tersebut kepada Satpol PP.Bisa ada tindak lanjutnya berupa pembongkaran.Karena sudah jelas kehadirannya itu menjadi kendala bagi aliran sungai.Apalagi bila banyak sampah yang menumpuk.Sehingga sangat susah untuk mengantisipasinya.Akibatnya aliran sungai pun menyempit dan meluap ke jalan-jalan di waktu hujan.

Dikuatirkan kalau terus dibiarkan bangunan-bangunan liar tersebut.Akan semakin menjamur di mana-mana.Sehingga nantinya aliran sungai malah banyak di tutupi bangunan liar.Dampaknya bencana banjir pun di depan mata.

“Bangunan yang berdiri di atas sungai itu.Berada di aliran sungai yang kewenanganya ada di Kota Tasikmalaya maupun Provinsi Jawa Barat.Desember ini akan ada lagi verifikasi data.Kemudian 2017 akan segera diketahui lagi jumlah tersebut.Karena bisa saja bertambah atau malah berkurang jumlahnya,” bebernya.

Sementara itu ketika di hubungi telepon selulernya, Kasat Pol PP Kota Tasikmalaya, Asep Maman dan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Cipta Karya Kota Tasikmalaya, Sofyan.Justru malah mengelak, karena pengakuanya belum mendapatkan data sebanyak 700 bangunan liar tersebut.(Ariska/D.Saefudin)


No comments:

Post a Comment