MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, October 18, 2016

Bandara Wiriadinata Segera Dioperasikan, Tasik-Jakarta Bisa Ditempuh 45 Menit



Kota Tasikmalaya, SNP - Masyarakat Tasikmalaya dan sekitarnya yang ingin berangkat dengan waktu cepat ke Jakarta, ke depannya bisa mengunakan pesawat terbang.saja. Pasalnya, kini Maskapai Wings Air (Lion Air Group) telah melakukan uji coba penerbangan ke Tasikmalaya dengan menggunakan Pesawat WINGS Air dan Proving Flight.

Ujicoba penerbangan tersebut sebagai bentuk mekanisme agar bisa mendapatkan izin rute, setelah itu kemudian bisa beroperasi penerbangan segera dilaksanakan. Dalam ujicoba itu Wings Air berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Landasan Udara (Lanud) Wiriadinata Kota Tasikmalaya, Senin (17/10).
“Nantinya ke depan akan ada perubahan status dari Lanud ke Bandara. Tentunya dengan adanya perubahan itu akan menjadi penerbangan komersil. Prosesnya tidak jauh dulu dengan yang di kota Malang. Dengan adanya perubahan itu, dipastikan juga ada menambahan sejumlah fasilitas. Mudah-mudahan semuanya segera cepat terealisasikan,” terang Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman, Senin (17/10).
Menurut Budi, adanya uji coba penerbangan  tersebut merupakan  kado special Hari Ulang Tahun Kota Tasikmalaya ke-15 tahun. Diharapkan, dibukanya penerbangan rute Jakarta-Tasikmalaya bakal mendongkrak perkonomian. Karena industri Tasikmalaya banyak dipasarkan ke Jakarta, seperti bordir dan kerajinan Rajapolah. Apalagi Kota Tasikmalaya berada di tengah-tengah kota-kota kawasan wilayah Priangan Timur.
Budi pun berharap kehadiran bandara tersebut bisa memotivasi para investor dan wisatawan untuk segera datang ke Tasikmalaya. Karena adanya kemudahan akses transportasi itu Tasikmalaya-Jakarta bisa ditempuh sekitar 45 menit. Selama ini yang menjadi kendala adalah jarak tempuh Tasikmalaya-Jakarata via darat itu, bisa memakan waktu sekitar 8 jam. Bahkan kalau terjadi macet bisa sampai 12 jam. Tentunya itu merupakan salah satu  kendala investor dan wisatawan enggan datang ke Tasikmalaya. Ketika disinggung terkait tarifnya, Budi menandaskan sekitar di bawah Rp. 500 ribuan.
Sementara itu Direktur Operasional Wing Air, Kapten Redi mengatakan landing pertama itu merupakan salah satu prosedural untuk mendapatkan izin rute. Setelah itu kemudian bisa beroperasi penerbangan bisa segera dilaksanakan.T erkait penerbangan dari Bandara Halim Jakarta Ke Tasikmalaya diakui tidak ada kendala sesuai dengan perhitungannya.
Danlanud Wiriadinata Tasikmalaya, Letkol PNB Ronny Harmanto mengungkapkan nantinya setelah ada perubahan status dari Lanud Ke Bandara.Tentunya akan berdampak pada sejumlah fasilitas yang ada, termasuk panjang landasan, terminal untuk penumpang, penjualan/penukaran tiket serta yang lainnya. Sedangkan untuk ke depannya akan dibuka pintu dari arah Gunung Kialir.(TIM)

3 comments: