MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, October 14, 2016

Desa Cisaat Kecamatan Ciater Gelar Ruatan Bumi



Subang, SNP - Desa Cisaat adalah termasuk wilayah desa wisata. Desa tersebut terletak di wilayah pegunungan Subang selatan, tepatnya di Kecamatan Ciater Kabupaten Subang, Jawa Barat.  Dari desa tersebut juga dikenal dengan makanan khas yakni papais cisaat  dan penduduknya mayoritas para petani ladang dan petani padi.
 
Uniknya, desa tersebut kerap melakukan kegiatan tradisi ruatan bumi atau di sebut hari krida pertanian, seperti yang saat ini dilakukan di kampung Cilimus RT 09/10 RW 03 dan semua warga masyarakat antusias melakukan kegiatan tersebut.

Panitia penyelenggara Ade Suryana didampingi Dedi Rahayu saat ditemui SNP di sela-sela kesibukannya mengatakan, kegiatan ruatan bumi atau lebih identik disebut hari krida pertanian yang sudah biasa diagendakan pada setiap tahunnya.

“Kegiatan tersebut adalah untuk mempererat tali silaturahmi antara dusun yang ada di wilayah desa Cisaat, dan kegiatan tersebut digelar kesenian buhun warisan para leuluhur yakni kesenian Geumyung. Diharapkan kedepan kesenian dan budaya adat sunda murba tersebut agar dijaga dan dilestarikan jangan sampai punah. Artinya regenerasi yang akan datang supaya mengenal kesenian tersebut adalah kesenian adat budaya Sunda buhun,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Desa Cisaat Suryana. Ia menjelaskan, ruatan bumi atau hari krida pertanian tersebut adalah salah satu adat budaya yang sudah melekat kental di hati masyrakat yang sudah biasa dilakukan bahkan diagendakan pada setiap tahunnya.

“Kegiatan tersebut dilakukan di setiap RW masing-masing. Dengan di gelarnya kesenian buhun budaya adat urang Sunda, itu merupakan pangeling-ngeling, artinya mengingat kepada leluhur kita yang sudah mewariskan budaya dan kesenian buhun terhadap kita semua, agar kesenian gembyung tersebut dijaga dan dilestarikan supaya anak cucu yang akan datang mengenal sejarah budaya tersebut, katanya.

Dengan digelarnya kegiatan tersebut, lanjut Suryana, adalah untuk tasyakur bini’mah kepada alloh SWT yang telah memberikan nikmat kepada kita semua melalui kegiatan hari krida pertanian tersebut untuk mempererat tali silaturahmi antar dusun yang ada di desa tersebut. 

Diharapkan kedepan pertanian yang ada di wilayah desa Cisaat lebih meningkatkan kualitas pertanian dan meningkatkan produksi pangan,” pungkasnya.

Di tempat terpisah, salah seorang warga masyarakat yang enggan disebut namanya menjelaskan, pihaknya sangat mengaspresiasi dalam kegiatan tersebut, dan alhamdulilah semenjak desa tersebut dijabat oleh kades Suryana pembangunan di beberapa sektor meningkat pesat terutama dalam pembangunan insprastruktur.
“Secara otomatis tarap perekonomian masyarakat meningkat terutama dalam meningkatkan suwasembada pangan,” ungkapnya. (MSS/US)

No comments:

Post a Comment