MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Sunday, November 6, 2016

Awas Ada Telur Ayam Palsu !! Lihat Cara Buatnya...


Swaranasionalpos.com - Telur ayam merupakan barang konsumsi yang digemari oleh jutaan manusia, termasuk di Indonesia, karena mudah didapat dan mudah diolah, harganya pun terjangkau untuk setiap satuan.

Tahukah anda, bahwa ternyata ada telur ayam asli dan ada juga telur ayam palsu (sintetis) buatan manusia?

Seiring pesatnya kemajuan teknologi, manusia bisa membuat benda yang seolah tak masuk di akal manusia normal pada umumnya. Dengan tujuan komersil alias uang, apapun dilakukan termasuk membuat telur palsu, karena menjanjikan keuntungan yang luar biasa.

Sebuah video di YouTube, berkali-kali muncul saat penulis membuka video lainnya. Video dimaksud adalah "Awas ! Ada Telur Ayam Palsu Buatan China " yang diunggah oleh M. Je Channel pada tanggal 14 Okt 2016 dan sudah di-view oleh 313.269 orang.

Karena seringnya muncul judul video tersebut, penulis akhirnya tertarik juga untuk membukanya, dan ternyata.... luar biasa. Ada mesin canggih yang mampu membuat telur ayam, mulai dari penyampuran bahan hingga pengepakan, siap diedarkan hanya dalam waktu beberapa menit. Jadi, tak harus berlama-lama menunggu proses keluarnya telur dari pantat ayam... heheee !!

Lalu, apa saja bahan yang digunakan untuk membuat telur ayam palsu tersebut?

Penulis minta bantuan Mbah google sejenak, lalu ditemukan artikel di Kompasiana dengan judul : Telor Ayam Palsu "Made In China". Disitu disebutkan:

Lihat Videonya: Klik Disini
* Telur palsu jika di pecahkan merah dan putih telur langsung bercampur karena di buat dari bahan mentah yang sama.
* Telur palsu kulitnya lebih mengkilap tapi biasanya tak terlalu nyata perbedaannya
* Telur palsu jika di kocok akan terdengar seperti ada air didalamnya
* Telur asli agak berbau amis
* Ujung telur asli jika di ketuk terdengar nyaring.
* Ketika di goreng, merah telur yg palsu langsung tercampur tanpa di aduk.

Bahan dasar yg di gunakan utk membuat telor palsu ini adalah sodium alginate, pewarna makanan, gelatin , dan bahan2 kimia lainnya seperti glucolactone, calsium chloride.

Dari 1 kg sodium alginate dapat menghasilkan 150 kg telur palsu. Keuntungan yg sangat besar jika di bandingkan menjual 1 kg telur ayam asli. Disamping itu telur palsu anti busuk dan tahan lama karena menggunakan bahan pengawet.

Beberapa bahan kimia yg di campurkan utk membuat telur palsu ini amat berbahaya misalnya Calsium chloride ( utk membuat kulit telur) , alum (sejenis bahan pelembut) , benzoic acid ( bahan pengawet) , cellulose dapat menyebabkan kerusakan syaraf, gangguan metabolisme hingga kerusakan hati.
Lalu, apakah telur ayam palsu ini sudah beredar di Indonesia? Wallahu alam...

Nah... setelah baca artikel ini dan mengetahui adanya telur ayan palsu buatan China, apakah anda akan diam saja dan tak mau berbagi dengan orang lain? Bantu sebarkan ke keluarga dan teman anda jika ini bermanfaat. !!


Penulis: Lucky Iskandar

No comments:

Post a Comment