MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, October 6, 2016

Persempit Tindak Kejahatan, Kapolsek Air Molek Ajak Masyarakat Terus Ronda Malam




Air Molek (Riau), SNP - Entah apa pemicunya, sudah lebih dari 2 bulan ini, sejak bulan Agustus sampai bulan Oktober diberbagai Desa dan Kelurahan hampir merata terjadi kejahatan pencurian spesialis bongkar rumah, terutama diwilayah hukum Kecamatan Pasir Penyu.
Kepada media ini, Kamis (06/10/16) Surianto Ketua RT 02/ RW 01 Kelurahan Sekar Mawar menuturkan prihal kejahatan pencurian specialis bongkar rumah yang diduga dilakukan oleh remaja tanggung yang masih warganya sendiri.

“Pencurian yang sudah sangat meresahkan ini tidak mungkin dilakukan orang jauh, ia menduga dilakukan oleh warga kampungnya sendiri," duganya. 

Sebagaimana yang terjadi belum lama ini pencuri ayam yang dilakukan remaja tanggung dengan menggunakan sebo (penutup kepala/ topeng, red) sempat ditangkap oleh salah seorang warga dan dipukuli berramai-ramai oleh warga dari gabungan 2 RT (RT Masadi dan RT Surianto, red) yang kebetulan malam itu sedang patroli ronda. Namun betapah terkejutnya, setelah topeng dibuka, ternyata pelaku pencurian itu adalah anak kandung orang yang pertama kali menangkapnya dan sempat memukuli pelaku pencuri ayam tersebut. 

Sontak sang ayah memeluk dan berteriak lirih, “Anakku,,,,pokoknya kejadian miris dan sekaligus menggelikan ini mirip sinetronlah,"kata dia, sembari tertawa geli (Nama Ayah dan Pelaku di Rahasiakan Redaksi, Red). 

Disinggung wartawan apakah pelakunya saat itu langsung diserahkan ke Polisi, ia menyebutkan, bahwa pelakunya kami maafkan karena masih usia remaja. Namun orang tuanya terpaksa menjamin anaknya agar tidak melakukan pencurian lagi. 

“Bila kelak kedapatan mencuri, maka tidak ada ampun lagi, warga langsung menyerahkannya ke Polisi," tegasnya. 

Selain itu beberapa rumah milik warga juga sempat dibongkar maling dan barang berupa pakaian, jam tangan, kompor gas, tabung gas, kipas angin, TV yang menjadi incaran pelaku sempat dibawa kabur. Namun yang lebih mengenaskan adalah, rumah milik Robi Oscar. Pada waktu itu beliau sedang menunaikan ibadah haji, kebetulan istri beliau berada di Pekan baru dan rumah memang dalam keadaan kosong, sehingga pelaku yang diperkirakan lebih dari satu orang itu berhasil memasuki rumah korban dan pelaku berhasil mengambil perhiasan emas, uang, lap top, hard disc, kipas angin. “Bahkan pelaku sempat makan minum dirumah korban," bebernya. 

"Dan yang membuat kita jengkel pelaku juga memberaki (buang hajat kotoran, red) di dalam rumah korban," umpatnya. 

Kemudian sekitar, minggu tanggal 25 September 2016 sekira pukul 12: 00 wib, diduga pelaku pengedar narkoba sedang kehabisan bensin dan mendorong sepeda motor miliknya di simpang rumah pangkas idola di jalan D.I. Panjaitan. 

“Pelaku terperogok oleh Bripka Febrian Siahaan anggota Intel dari Polsek Pasir penyu yang kebetulan ikut patroli ronda dengan warga," jelasnya. 

Masih sambung Surianto, pelaku yang diketahui bernama panggilan Pindo (22) anak ibu Mimin dan anak tiri dari Purnomo warga RT 02, RT 01 Sekar Mawar ini, ia sempat terlihat gugup ketika di introgasi Bripka Febrian, dan dari dalam jaket pelaku terlihat ada bungkusan diduga berisi Narkoba. 

“Namun pelaku berhasil melarikan diri dan meninggalkan sepeda motor Scoopy warna hitam yang tanpa plat nomor begitu saja di tempat kejadian perkara (TKP)," ucapnya. 

Sebelumnya pelaku Pindo yang juga mantan Narapidana ini sempat meminjam Hand Phone merek Advan F5 milik Nono warga Sekar Mawar dengan alasan hendak menghubungi rekannya karena ia kehabisan bensin. Namun akhirnya Hand Phone milik Nono tersebut dibawa kabur oleh pelaku. 

“Malam itu juga sepeda motor Scoopy milik Pindo sudah diamankan ke Mapolsek Air Molek untuk dijadikan Barang Bukti (BB)," ungkap Surianto. 

Sementara itu Kapolsek Pasir Penyu Kompol Achmad Prihatin melalui anggotanya Bripka Febrian Siahaan membenarkan, bahwa ia dibantu warga setempat berhasil mengamankan sepeda motor Scoopy warna hitam milik Pindo, diduga pelaku hendak mengedarkan Narkoba dan melakukan tindak kejahatan. 

“Saat ini pelaku masih dalam pengejaran polisi dan BB satu unit sepeda motor Scoopy warna hitam tanpa Nopol sudah diamankan di Mapolsek Air Molek," ungkapnya. 

Selain itu, Rabu malam (05/10/16) tim anti bandit Polsek Air molek juga berhasil mengamankan sepeda motor Kawasaki Ninja jenis RR milik Rano (22) putra Darsani warga Kelurahan Tanjung Gading. Diduga pelaku juga pengedar Narkoba dan terlibat diberbagai pencurian spesialis bongkar rumah. 

“Pelaku saat penggerebekan lari ke arah Japura, dan kini satu unit sepeda motor Kawasaki Ninja BM 4698 QF sudah diamankan di kantor Mapolsek Air Molek sebagai BB," jelasnya.

Sesuai arahan Kapolsek, untuk mempersempit ruang gerak segala tindak kejahatan ia mengajak warga masyarakat agar terus melakukan ronda. @ Budi Darma Saragih

No comments:

Post a Comment