MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, October 20, 2016

Tebo Masuk Program Prioritas Provinsi


Pj Bupati Tebo, Agus Sunaryo
Tebo, SNP - Pada Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tebo ke 17, Pj Bupati, Agus Sunaryo memaparkan, pertumbuhan perekonomian Kabupaten Tebo. 

Dalam pidatonya Agus mengatakan, berdasarkan data dari Badan Statistik, pertumbuhan perekonomian Kabupaten Tebo tahun 2015 mencapai angka 5,20 persen, kala itu Kabupaten Tebo patut bangga bila dibandingkan dengan statistik tahun 2014 dengan pertumbuhan ekonomi Provinsi dan Nasional masing-masing hanya 4,21 persen dan 4,79 persen.


Angka pertumbuhan tersebut digenjot dari dibukanya lapangan usaha oleh Pemerintah Daerah yang menjadi pendukung utama. Sektor ini meliputi Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikana dengan kotribusi terhadap PDRB mencapai 40,40 persen.

Kontribusi kedua, melalui sector pertambangan dan penggalian yakni 10,28 persen. Perdagangan besar, eceran reparasi mobil dan sepeda motor 8,08 persen, konstruksi 7,15 persen.

Selanjutnya Pj Bupati juga menjelaskan dari sektor industri pengelolaan 6,45 persen, Informasi dan komunikasi 3,57 persen, administrasi pemerintah pertanahan dan jaminan sosial wajib 3,44 persen, jasa pendidikan 2,29 persen sedangkan sektor terkecil berasal dari perdagangan air, pengolahan sampah, limbah dan daur ulang sebesar 0,04 persen.

Selanjutnya Pj Bupati juga melaporkan berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat, bicara angka kemiskinan Tebo berdasarkan angka statistik tahun 2014 sebesar 22.480 jiwa atau 6, 89 persen dari total penduduk, angka ini seprovinsi Jambi, Tebo menduduki peringkat keempat dari jumlah peduduk miskin terkecil.

“Keberhasilan ini tidak terlepas dari program yang selain bersinergi yang telah dilaksanakan pemerintah provinsi dan pusat” ujarnya

Terkasit masalah kesejahteraan, ini diakui oleh Agus, Kabupaten Tebo berupaya memanfaatkan lahan sawah dalam kurun waktu 1 tahun masyarakat dua kali turun ke sawah. Dimana program turun ke sawah tahun 2015 ini sudah berhasil dengan hasil produksi sebesar 22,396 ton padi sawah, ladang 16,292 ton dan ubi kayu 3,284 ton.


“Begitu juga dengan sektor lain semua digenjot untuk pembangunan Tebo yang mampu bersaing” ujarnya

Ke depan dirinya juga mengajak warga mendukung program Pemerintah dengan bersinergi dengan program Provinsi dan Pusat, untuk Tebo mampu bersaing dengan daerah maju lainnya.

Sementara dalam pidato Gubernur Jambi, H. Zumi Zola mengakui Kabupaten Tebo masuk program prioritas Provinsi Jambi. Salah satu dikatakan Zomi, Program prioritasnya adalah membangun jalan padang lamo, dimana jalur ini adalah merupakan jalur strategis untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat Tebo.

“Tebo merupakan program prioritas kita. Kita segera membangun jalan padang lamo yang merupakan sektor strategis untuk mengangkut hasil perekonomian daerah Tebo” ujarnya

Dengan adanya pengurangan angggaran diakui oleh Gubernur Jambi, dimana jalan padang lamo tidak dibangun secara keseluruhan, mulai tahun 2017 akan dilakukan secara bertahap.

“Dengan adanya jalan ini, warga Tebo akan mudah mengeluarkan hasil produksi pertanian dan sebagainya. Kita prioritaskan Tebo” Pungkas Zumi Zola.  *TR

No comments:

Post a Comment