MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, November 10, 2016

Diguyur Hujan, Irigasi Desa Mekarsari - Cicurug Jebol



Sukabumi, Swaranasionalpos.com - Hujan deras yang menyiram wilayah Kecamatan Cicurug sejak siang tadi menyebabkan irigasi yang dekat dengan bantaran sungai jebol. Peristiwa itu terjadi di Kampung Ciutara, Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (2/11/2016).

Meski tidak ada korban jiwa, namun akses jalan menuju Yayasan Darul Amsor tertutup material, termasuk jembatan penghubung antar kampung di desa tersebut nyaris ambruk.

Kejadiannya sekitar pukul 14.30 WIB kala hujan turun deras. Material longsoran dari irigasi jebol itu menutup akses jalan masyarakat, kata Dadang Sopandi warga setempat.

Menurut Dadang, saat hujan besar sepertinya komdisi saluran irigasi ini tidak bisa menahan aliran air yang cukup banyak, sehingga irigasi jebol.

Sekarang masyarakat sedang bergotong-royong melakukan tindakan yakni membuat tanggul sementara untuk penahan air, terangnya.

Setelah beberapa jam kejadian, sejumlah perangkat dari pemerintahan Desa Mekarsari, Relawan AQUA Rescue, Relawan Khatulistiwa, BPBD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Polsek Cicurug, dan masyarakat berdatangan ke lokasi untuk bergotong royong mengantisipasi meluasnya luapan air yang berasal dari irigasi tersebut.

Kepala Desa Mekarsari, Iwan Bakar mengatakan,  sejauh ini telah melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten  Sukabumi dan Muspika Cicurug. Untuk penanganan awal, kata dia, masyarakat melakukan gotong royong dengan membuat tanggul sementara.

Kami langsung membuat berita acara kejadian bencana alam. Alhamdulillah dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa maupun luka. Kami mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran irigasi untuk tetap waspada, karena potensi banjir dan longsor bisa saja terjadi tanpa diketahui sebelumnya, tandas Iwan.

Hingga berita ini diunggah, belum ada pernyataan resmi dari pihak PSDA Kabupaten Sukabumi. Mengingat kejadian ini akan berdampak terhadap pengairan lahan sawah petani di wilayah Desa Mekarsari dan Desa Nyangkowek. *Nasrul. S

No comments:

Post a Comment