MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, November 10, 2016

Poktan Tanggamus, Terima Alat Pertanian 20.000 Cangkul dan Bibit Pohon Pala 2017



Tanggamus, Swaranasionalpos.com - Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Tanggamus, tahun ini menerima bantuan dari APBD murni 2016, berupa pengadaan sarana alat pertanian 20.000 cangkul untuk kelompok tani  Kabupaten Tanggamus. Rabu 2/11/2016.

Pengiriman alat pertanian diturunkan dari mobil dan sekaligus masih dihitung jumlah cangkul keseluruhan. Dan segera dikirim ke beberapa BP3K Kecamatan yang berada di 20 Kecamatan di Kabupaten Tanggamus, sambil menunggu intruksi dari Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian dan Kehutanan (BP4K).

Kesubid Sapras BP4K Kabupaten Tanggamus Yusef, diruang kerjanya mewakili Kepala BP4K mengatakan bantuan APBD murni 2016 ini merupakan alat tani yang sangat dibutuhkan poktan selain alat pertanian yang lainnya.

Bantuan cangkul sebanyak 20.000 buah diperuntukan untuk 20 Kecamatan se Kabupaten Tanggamus, dan nantinya per kecamatan mendapat 1000 buah cangkul.

“Untuk mekanisme pembagian terserah BP3K kecamatan mau dibagi berapa per kelompok tani dan kelompok tani bisa hubungi BP3K kecamatan masing masing. Pembangian nantinya berdasarkan pengajuan proposal poktan yang diajukan ke BP3K dan diajukan ke BP4K karena yang tahu persis keadaan kelompok tani itu BP3K kecamatan. Kelompok mana mana saja yang membutuhkan bantuan cangkul ini”. Kata Yusef.

Tambahnya lagi, mudah mudahan semua poktan kebagian bagi poktan yang belum mendapat tahun ini, nanti bisa diusulkan di Tahun 2017melalui Kantor Ketahanan Pangan kerena kantor BP4K ini tahun depan sudah tidak ada lagi.

Kami himbau kepada BP3K Kecamatan yang tahu keadaan poktan dan untuk poktan yang belum pernah mendapat bantuan harus diutamakan mendapat bantuan tahun ini. Di harapkan alat ini  berguna sebaik mungkin bagi poktan yang mendapat kan bantuan ini.

BIBIT POHON PALA

Selain alat pertanian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus juga memberikan bantuan bibit pohon pala sebanyak 34 ribu pohon, kepada petani Tanggamus, pada tahun 2017 mendatang.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Sastrawinata mendampingi Kepala Dishutbun Karjiyono, penganggaran bantuan bibit pohon pala ditahun 2017 mendatang, sebagai kelanjutan program pengembangan budidaya pala yang telah dimulai tahun 2016 ini. 

Yang mana dalam program tersebut, bertujuan menjadikan Kabupaten yang berjuluk Bumi Begawi Jejama ini, sebagai salah satu sentra penghasil pala di Provinsi Lampung. 

“Program pengembangan budidaya pala ini, sangat bermamfaat dan bersentuhan langsung dengan masyarakat kita, khususnya para petani, sebab pohon pala sangat bernilai ekonomis tinggi, tentunya akan meningkatkan kesejahteraan petani kita. Hampir semua bagian pala dapat dijual, seperti buah, daun basah dan kering, bahkan bunga pala juga laku dijual,” katanya, Senin (31/10).

Sastrawinata menerangkan, bantuan sebanyak 34 ribu bibit pohon pala di tahun 2017 tersebut, akan dibagikan kepada masyarakat petani 17 Pekon di Tanggamus. Yang mana setiap Pekon akan mendapatkan bantuan bibit pala sebanyak 2 ribu batang, yang pengelolaannya diserahkan kepada kelompok-kelompok tani dimasing-masing Pekon tersebut.

“Untuk awal program bergulir, memang bantuan kita fokuskan di wilayah yang lebih potensial budidaya pala, sehingga bantuan yang gulirkan capai 300 ribu bibit pala untuk 150 pekon, dari jumlah pekon di Tanggamus yang berjumlah 299 pekon dan 3 kelurahan. Jadi untuk tahun-tahun selanjutnya, bantuan bibit hanya untuk pekon yang belum mendapatkan ditahun ini,” imbuhnya. *BUDI W

No comments:

Post a Comment