MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, November 10, 2016

Pasca Irigasi Jebol, Tim Aqua Rescue Bantu Bangun Tanggul Sementara



Sukabumi, Swaranasionalpos.com - Saluran irigasi jebol di Kampung Ciutara, Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat terjadi, Rabu (2/11/2016), berdampak terhadap pengairan sawah petani di dua kecamatan, Cicurug dan Parungkuda.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sejumlah relawan tim Aqua Rescue turun tangan membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sukabumi dan masyarakat membuat tanggul sementara, agar pasokan air dapat mengalir dengan aman.

“Saat ini kami kerja bakti bersama BPBD dan masyarakat setempat membangun tanggul sementara, kata Muhammad Atim penanggung jawab Aqua Rescue, kepada wartawan Kamis (3/11/2016) di lokasi bencana.

Menurut dia, Aqua Rescue telah menurunkan relawan untuk melakukan kerja bakti di lokasi bencana irigasi jebol. Aqua Resque juga, kata Atim, secara sukarela menyediakan 12 drum kosong untuk mengalirkan air ke tempat yang aman.

Sementara itu, tokoh masyarakat setempat, H Deden mengatakan, idealnya bantaran saluran irigasi ini dibangun dengan cara di bendung atau dam. Sebab, dilokasi jebolnya irigasi terdapat saluran pembuangan air hujan dari jalan.

Ya, pemasangan drum-drum ini sifatnya hanya sementara saja untuk mengantisipasi air hujan yang datang dari jalan. Rencananya akan dibuatkan dua jalur, sebut Deden.

Ditambahkan Deden, bukan hanya saluran irigasi saja yang harus diperbaiki, namun jembatan menuju Yayasan Darul Amsor yang usianya sudah hampir 30 tahun ini juga perlu ada perbaikan.

Kondisi jembatan sudah sangat rusak dan mengkhawatirkan bagi penggunanya. Karena posisi jembatannya terlihat sudah menggantung, pungkasnya. *Nasrul. S

No comments:

Post a Comment