MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Monday, September 17, 2018

Pemerintah Desa Sukamaju Gelar Padat Karya Tunai Bersihkan Sungai Cikembang Guna Dukung Program.Citarum Harum




Kab Bandung,Media Suara Nasional-Warga desa Sukamaju kecamatan Majalaya kabupaten Bandung,Minggu (16/9) melaksanakan kegiatan padat karya tunai membersihkan Normalisasi saluran sungai Cikembang,kampung Ciwalengke sampai kampung Leuwidulang.

Kegiatan Normalisasi sungai Cikembang ini juga merupakan upaya dan dukungan H.Djujun kepala Desa Sukamaju dan warganya terhadap program Citarum Harum sektor IV Kodam III Siliwangi dibawah garis komando Kolonel Inf Kustomo selaku Dansektor IV.

Padat Karya Tunai merupakan program pemerintah Pusat berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Hal ini  Berdasarkan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pengaturan desa bertujuan untuk memajukan perekonomian masyarakat desa, mengatasi kesenjangan pembangunan, serta memperkuat masyarakat desa sebagai subyek pembangunan

Pelaksanaan program padat karya diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat, sehingga terjadi pemerataan ekonomi ke perdesaan sekaligus untuk mengatasi kesenjangan. Untuk program padat karya tahun 2018 yang dirancang oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Dijelaskan H.Djujun saat berbincang-bincang dengan MSN di lokasi kegiatan Normalisasi sungai Cikembang" Pada hari ini kami melaksanakan kegiatan Padat Karya Tunai dengan membersihkan Normalisasi sungai Cikembang dari mulai kampung Ciwalengke sampai kampung Leuwidulang bersama 200 warga,yang di wakili 10 orang dari tiap-tiap RW yang berada di wilayah desa Sukamaju," tandasnya.

Masih menurut H.Djujun," kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan kami, terhadap program Citarum Harum dalam upaya membersihkan sampah di sungai Cikembang agar saat musim hujan tiba tidak terjadi sumpatan air yang berdampak Banjir," ujar H.Djujun .

Saya selaku kepala desa Sukamaju mengucapkan terimakasih kepada warga Sukamaju yang telah peduli terhadap kebersihan lingkungan,dimana secara bergotong royong dan Sabilulungan melaksanakan Normalisasi Sungai Cikembang," tambahnya.

Masih di tempat sama,Adang warga Rw 16, mengatakan," Dengan adanya program padat karya tunai sangat membantu kita semua dalam upaya kesejahteraan masyarakat,semoga kegiatan ini tiap tahunnya selalu ada," harapnya.

Selain itu kegiatan ini sangat positif dalam upayaenjaga kebersihan lingkungan,terlebih sebentar lagi musim penghujan,bilamana sampah-sampah ini tidak di bersihkan ,di khawatirkan akan menyumbat daerah aliran sungai Cikembang berdampak Banjir." Pungkasnya ( Bang Arbim)

No comments:

Post a Comment