MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, September 18, 2018

Rehabilitasi SD DEWI SARTIKA Ciparay Masih Layak Pakai Tim Sapras Dan Verifikasi Tidak Obyektif


Kab Bandung,Media Suara Nasional-Rehabilitasi ruang kelas SDN Dewi Sartika yang berada di lingkungan UPTD Pendidikan Kecamatan Ciparay di pertanyakan, pasalnya ruangan kelas yang direhab itu  kondisinya masih bagus dan layak pakai. Hal ini menimbulkan kecemburuan sosial dari sekolah lainnya karena  masih banyak ruang kelas di SD lain yang sudah rusak namun tidak mendapat bantuan," ujar Drs Gani salah satu pentolan pemerhati dunia pendidikan di kabupaten Bandung yang dekat dengan para pejabat Daerah.

“Padahal kondisi bangunan tersebut masih layak pakai dan sementara masih banyak sekolah lainnya di Kabupaten Bandung yang justru kondisinya rusak dan sangat mengharapkan adanya bantuan rehab ruang kelas tersebut namun sama sekali tidak mendapat bantuan dari pemerintah,” ujar Gani menegaskan.

Ia juga menyebutkan, pihak pemerintah Kabupaten Bandung, khususnya Dinas Pendidikan (Disdik) dianggap pilih kasih terkait pemberian bantuan untuk rehabilitasi ruang kelas. 

Padahal sebelum mendapatkan bantuan SDN Dewi Sartika terlebih dahulu sudah melalui verifikasi yang dilakukan oleh tim yang terdiri dari Bidang Sarana dan Prasarana Disdik.

“Tim verifikasi dari Sapras tidak obyektif dalam melakukan penilaian, sehingga sekolah yang kondisi masih bagus justru kembali mendapat bantuan, ini namanya tidak adil,” tambahnya.

Berdasarkan pantauan, SDN Dewi Sartika kecamatan Ciparay  mendapatkan bantuan dari anggaran pemerintah pusat melalui sumber dana APBD Kabupaten Bandung,sebanyak 2 lokal rehabilitasi ruangan kelas dengan anggaran Rp. 59.480.000,00 yang dilaksanakan secara  swakelola dan bantuan rehab ruang kantor sebesar RP 50 juta.

Diduga pihak pelaksana Sekolah hanya mengganti atap saja diakibatkan kondisi bangunan masih bagus. Bahkan untuk satu lokal ruangan kantor kondisi bangunan masih utuh, terlihat keberadan kusen nampak baik dan utuh begitupun juga dengan tembok serta lantai keramik.

Sementara itu kepala Sekolah SDN Dewi Sartika Papak Serang desa Sarangmekar kecamatan Ciparay,saat mau di minta tanggapan terkait bantuan Rehabilitasi ruang sekolah dan ruang kantor tidak ada di tempat,menurut salah satu stap gurunya,ibu kepala lagi keluar." Ucapnya.

Ungkapan senada dilontarkan Jamaludin ketua Paguyuban Peduli Anti Korupsi Propinsi Jawa Barat,mengatakan," kami berharap adanya audit terhadap bantuan sekolah SDN Dewi Sartika terkait kelayakan bantuan Rehabilitasi bangunan ruang kantor dan bangunan ruang sekolah,dan bilamana ditemukan adanya kejanggalan,maka segera tindaklanjut sesuai dengan aturan dan hukum tentang penggunaan keuangan kas Negara.," tegasnya. ( Bang Arbim)

No comments:

Post a Comment