MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, September 27, 2018

PT Central Georgette Nusantara Jadi Contoh Pengolahan Limbah

CIMAHI,Media Suara Nasional - Dansektor 21 Satgas Citarum Harum Kol. Inf. Yusep Sudrajat bersama jajarannya setelah menyidak ulang PT Central Georgette Nusantara, Rabu (26/9) di Jl. Cibaligo Kota Cimahi menyatakan pabrik itu akan menjadi contoh yang baik dalam pengolahan limbahnya bagi pabrik-pabrik lainnya.

Saat pemeriksaan ulang di PT CGN itu Dansektor 21 Satgas Citarum Harum bersama jajarannya diterima langsung oleh Direksi pabrik itu Afandi Hermawan dan Stafnya, Trisno dan bagian IPALnya Rohendi.

Dansektor 21 mengapresiasi usaha yang dilakukan manajemen pabrik itu yang telah secara sungguh-sungguh memperbaiki IPALnya sehingga hasil pengolahannya, air limbahnya kini sudah jernih dan tidak mengganggu ekosistem sungai.

"Coba saja lihat di outletnya, karena airnya sudah jernih, ikan ko'i pun bisa hidup. Bahkan, manajemen perusahaan lebih membuktikannya dengan membuat beberapa kolam kecil untuk hidupnya ikan-ikan seperti ko'i," tegas Dansektor.Ia menilai pantas jika PT CGN jadi contoh bagi pabrik-pabrik lainnya. Ia berharap perusahaan untuk  mempertahankan pengolahan IPAL nya agar tetap jernih.

Sementara Direksi PT CGN, Afandi Hermawan melalui Stafnya, Trisno mengemukakan, perusahaan sudah berusaha maksimal mengolah air limbah pabrik supaya air buangannya benar-benar jernih.

Penjelasan ini diperkuat Rohendi staf Bagian IPAL yang menyebutkan perusahaan telah merecycle limbah hingga mencapai 90%. Bulan sebelumnya, Agustus baru pada kisaran 75 s/d 85%. 
"Sekarang ini sudah mencapai 90% dan diharapkan lebih optimal lagi sesuai dengan harapan Dansektor 21, ujar Rohendi lebih memperjelas.

Namun demikian Dansektor 21 tetap membuat komitmen yang harus ditandatangani manajemen PT CGN supaya olahan air limbah lebih optimal lagi. (Elly)

No comments:

Post a Comment