MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, November 12, 2016

Ketua Kelompok Tani Diduga Selewengkan Dana Bantuan Ternak



Mesuji, Swaranasionalpos.com - Ketua Kelompok Tani Desa Wirabangun Kecamatan, Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, diduga telah melakukan penyimpangan dana bantuan ternak sapi tahun 2014, untuk program Unit Pembuatan Pupuk Organic (UPPO).

Dana yang diterima Ketua kelompok ini sebesar Rp 200 juta, dana tersebut akan dipergunakan untuk pembelian sapi sepuluh ekor, pembuatan kandang sapi,gedung pembuatan pupuk kompos, bak permentasi, motor bentor dan mesin pencacah rumput, juknis ini sesuai dengan putunjuk tehnis yang sudah diberikan oleh Dinas Peternakan Kabupaten atau Propinsi, dari 6 petunjuk tehnis ini ada dua yang dianggap menyimpang dari juknis, salah satunya adalah pembuatan gedung UPPO  yang seharusnya tinggi dinding 4 meter, tetapi hanya dibuat setengah meter, dan untuk pembuatan bak permentasi yang seharusnya dibuat tapi tidak dibuat". Ungkapnya.

Ketika SNP.com hendak konfirmasi ketua kelompok tani Mukri yang menerima bantuan mengatakan, “Pekerjaan  ini saya anggap tidak ada masalah, kerena yang saya kerjakan sesuai dengan petunjuk tehnis dari Dinas Peternakan, saya tidak pernah merasa korupsi kalau masalah ini mau diberitakan gak masalah". Ujar Mukri.

Bantahan, Mukri yang mengatakan sudah menjalankan sesuai juknis dari dinas Peternakan, dibantah Ketua LSM JAK dan memberikan penjelasan bahwa dalam  juknis untuk pembuatan UPPO, akhirnya Mukri langsung paham dimana letak kesalahannya, bahwa pekerjaan program bantuan ternak tersebut memang adakesalahan.

Diminta kepada pihak hukum Kejaksaan Menggala untuk mengusut tuntas penyimpangan bantuan ternak. Mulai dari Dinas Peternakan Kabupaten Mesuji, dan poktan penerima bantuan. *Buhori.

No comments:

Post a Comment