MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, September 13, 2018

Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat Terima Kunjungan Kasdam III Siliwangi

KAB. BANDUNG,Media Suara Nasional -- Dansektor 21 Satgas Citarum Harum Kol Inf Yusep Sudrajat menyambut kedatangan Kasdam III Siliwangi Brigjen Nurchahyanto ke posko Sektor 21, di Komplek Griya Prima Asri,  Baleendah Kab. Bandung, Kamis, 13 September 2018.

Kunjungan Kasdam III ini menyangkut beberapa kegiatan yang dilakukan sektor 21 dalam melakukan pembenahan serta normalisasi ekosistem di sungai Citarum. 

"Hampir setiap hari saya menerima laporan beberapa kegiatan yang selalu ada perubahan dan perkembangan. Ini artinya bahwa apa yang dilakukan sudah sesuai petunjuk dalam melakukan pembenahan dan normalisasi ekosistem sungai," ujar Kasdam Siliwangi III. 

Dirinya menilai kinerja yang dilakukan oleh Satgas Citarum Sektor 21 dibawah Komandan Sektor Kol Inf Yusep Sudrajat sudah cukup bagus meski tak memungkiri masih ada beberapa yang masih perlu dievaluasi baik koordinasi serta tindak lanjut dalam bersinergi dengan instansi lain yang terkait.

Diperlukan koordinasi dan sinergitas yang baik dengan unsur lain yang terkait, contohnya di wilayah Subsektor yang sudah menormalisasi bantaran sungai dari bangunan liar mestinya sudah bisa dibenahi, dirapihkan oleh unsur lain agar bisa digunakan sesuai peruntukannya.

"Begitu juga koordinasi dengan Pemda, karena ketika warga sudah tidak lagi buang sampah ke sungai baiknya Pemda dapat menyediakan lahan ataupun TPS bagi warga," jelasnya.

Menurut Kasdam III, di Sektor 21 merupakan wilayah yang paling banyak persoalan limbah industri. Ia menyoroti bahwa apa yang sudah dilakukan hasilnya sudah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan beberapa waktu yang lalu sebelum TNI terjun dalam mengemban tugas sebagai Satgas Citarum Harum.

"Kita  bisa lihat, saat ini sudah jauh lebih baik dari jauh sebelumnya. Pelaku industri sudah banyak yang mulai berubah, dengan melakukan perbaikan pengelolaan limbahnya, ini berkat sosialisasi yang dilakukan satgas sektor 21. Kalaupun masih ada pabrik yang ditemukan buang limbah  pasti akan diberi teguran hingga tindakan sanksi tegas  misalnya dengan menutup saluran limbah oleh satgas," tegasnya

Sementara, ditempat yang sama, Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat menambahkan bahwa kunjungan yang dilakukan oleh Kasdam III Siliwangi ke Posko Sektor 21 bertepatan dengan kegiatan pengarahan kepada seluruh personil Satgas Sektor yang terdiri dari 14 Subsektor yang ada di wilayah Rancaekek, Kabupaten Bandung, hingga Kota Cimahi.

"Pengarahan dilakukan agar semua personil yang ada di masing-masing subsektor memiliki frekuensi yang sama dalam mensosialisasikan program citarum harum," ujarnya.

Pada kesempatan kunjungan ini,  lanjut Yusep, Kasdam III mengingatkan kepada para komandan subsektor agar terus melaporkan jika menemukan persoalan dan hal-hal yang menonjol dilapangan, beliau juga menyampaikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jam 10 malam seluruh prajurit untuk tidak lagi berada diluar posko. 

Semua itu dilakukan guna menghindari tingkat kecelakaan saat bertugas dilapangan, juga untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan," pungkasnya. (Elly)

No comments:

Post a Comment