MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, November 10, 2017

Bencana Tanah Longsor Diperbukitan Desa Bumiwangi Hancurkan 3 (Tiga) Rumah Penduduk

Kab. Bandung, Media Suara Nasional - Keresahan warga terkait bencana longsor di perbukitan Desa Bumiwangi telah terjadi Kamis sore (9/11) akibat dari erosi tanah dan kikisan air hujan yang mennguyur Kampung Beko Komplek Kodiklat Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung.

Menurut Deni Kuswandi, SH, penduduk setempat dan saksi saat terjadinya bencana tanah longsor tersebut, "telah merusak dan  menghancurkan  3 (tiga)  rumah penduduk milik Ny. Sukanah (65 th), Mujiono (55 th) dan Undang (55 th) tepatnya pukul 17.35 WIB, dengan kerugian finansial diperkirakan Rp 500 jutaan," jelasnya.

Disebutkan Deni, erosi tanah diperbukitan Desa Bumiwangi bisa terjadi akibat adanya proyek perumahan di atas perbukitan sehingga menyebabkan longsor tanah. 

"Maka kami berharap kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Bupati Bandung untuk segera mengkaji ulang pelaksanaan proyek perumahan tersebut, karena warga kami saat ini merasa resah terutama warga Rw 05 dan Rw 04/03," ujar Deni.

Sementara itu, Wawan (53 th) salah satu anggota Ormas Pemuda Pancasila wilayah PAC Ciparay, meminta kepada Ketua  DPRD Kabupaten Bandung, untuk menyikapi dan segera meninjau lokasi proyek perumahan yang berada di perbukitan Desa Bumiwangi yang rawan bencana longsor susulan.

Dilain pihak, warga setempat mempertanyakan proyek perumahan bersubsidi dimana warga  Rw 05 dan 04 tidak menerima uang konpensasi sedangkan warga Rw 06 telah menerima uang konpensasi. "sedangkan bencana tanah longsor telah menghancurkan tiga rumah penduduk yang berada diwilayah Rw 04 rt 03  desa Bumiwangi." ujar Wawan.   (Arbim/AR)

No comments:

Post a Comment