MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, November 11, 2017

Upacara Hari Pahlawan 10-11-2017 di Tanggamus

Kab. Tanggamus, Media Suara Nasional - Jumat Pagi (10/11) Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.i bertindak sebagai Pembina Upacara pada Upacara Bulanan Memperingati Hari Pahlawan,Hari Kesehatan Nasional,Hari Guru dan Hari Korpri di Lapangan Pemerintah Kabupaten Tanggamus.

Turut hadir dalam Upacara tersebut Ketua DPRD Heri Agus Setiawan,S.Sos, Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili,S, IK, Para Asisten, Forkompimda, Para Kepala OPD, Para Camat se Kab. Tanggamus, Pimpinan Legiun Veteran RI. PEBABRI, Persatuan Wredhatama, PGRI, FKPPI Kab. Tanggamus, Para pejabat Administrator dan Pengawas, Unsur TNI-POLRI, serta pegawai di lingkungan Pemkab Tanggamus.

Dalam Amanat Pembina Upacara Wabup Tanggamus menyampaikan, Peringatan Hari Pahlawan dapat dijadikan sebagai cermin atau refkeksi tentang pengorbanan ,keteladanan ,dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan dengan terus bekerja dan bekerja dalam rangka mewujudkan masyarakat adik dan sejahtera, sebagai cita-cita perjuangan bangsa yang termuat dalam sila kelima pancasila yang berbunyi "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia".

Sebagai seorang Nasionalis dan patriot kita harus ingat pesan Pahlawan Nasiinal Prof. Dr. R. Soeharso : "Right Or Wrong is my Country, lebih-lebih kalau kita tahu, Negara kita dalam keadaan bobrok, maka justru saat  itu pula kita wajib memperbaikinya".

Juga Pidato Bung Karno di radio pada saat pertempuran mengahdapi inggris di Surabaya bulan November 1945 "Selama kita banteng-banteng muda Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, maka selama itu tidak akan kita mau menyerah kepada siapa juga".  

Dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 53 tahun ini tema yang diusung yaitu "Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku". Dengan mewujudkan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS), Gerakan ini bermaksud untuk mendorong masyarakat masyarakat berprilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa yg kuat.

Pemerintah Kabupaten Tanggamus melalui Dinas Kesehatan dan seluruh jajarannya yang ada di tingkat Kecamatan, selama bulan November akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan diantaranya Kampanye Germas, kegiatan bhakti sosia diantaranya:

- Aksi sosial Penggalangan Bantuan bencana banjir bandang di wilayah Kelumbayan dan Kelumbayan Barat, 
- Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di wilayah kerja puskesmas se Kab. Tanggamus
- Deteksi dini kanker leher rahim dengan metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA)
- Deteksi Dini Kanker Payudara melalui metode Pemeriksaan Payudara sendiri (SADARI), serta masih banyak kegiatan lainnya.

Selanjutnya dalam rangka Peringatan Hari KORPRI yang sejak didirikan pada tanggal 29 November 1971, KORPRI telah menunjukkan peran dan tanggungjawabnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, bangsa dan negara sebagai organisasi yang mewadahi para Pegawai Negeri Sipil.

Dengan telah diterbitnya UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Organisasi Korpri akan bertranformasi menjadi Korps Pegawai Aparatur Sipil Negara Republik Indonesia (Korps ASN  RI).

Wabup berpesan kepada jajaran KORPRI untuk menjaga kode etik Profesi, pedomani sumpah jabatan, pegang teguh komitmen Panca Prasetya KORPRI.

Diperingati juga Hari Guru Nasional Tahun 2017, pada kesempatan ini wabup juga mengajak kita semua mari terlibat untuk membantu sekolah, guru, madrasah, balai belajar, dan taman belajar. Untuk itu pula kepada guru, Kepala  Sekolah, dan tenaga kependidikan mari kita bukakan pintu lebar-lebar, kita mengajak dan memberi ruang kepada masyarakat untuk terlibat memikirkan dan berbuat untuk kemajuan dunia pendidikan kita.

Disela-sela upacara diberikan juga Satya Lencana secara simbolis kepada Para  pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemkab Tanggamus yang telah mengabdi selama 30 Tahun, 20, dan 10 tahun untuk Kab. Tanggamus.

Selesai Upacara selanjutnya Rombongan Wabup Tanggamus dan jajarannya ke Taman Makam Pahlawan (TMP) di Kota Agung Timur. (Azhimi)

No comments:

Post a Comment