MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, November 15, 2017

Kecamatan Tulang Bawang Tengah Menggelar Pelatihan Siskeudes

Kab. Tulang Bawang Barat, Media Suara Nasional - Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat, menggelar pelatihan dalam Proses Perbaikan Percepatan Penerapan Sistem Operasi di Tingkat Desa (Siskeudes) acara pelatihan tersebut yang digelar di Balai Tiyuh Penumangan Baru, Senin (13/11/2017).
 
Seluruh Desa se Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) melakukan pelatihan terhadap Aparatur Desa dalam penggunaan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES). Pelatihan Siskudes ini berlangsung di masing-masing kecamatan dengan dibagi menjadi dua tim.

Sekretaris Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Tubaba Wirdani MR mendampingi Zainuri, Ketua APDESI Kabupaten Tubaba menerangkan, pelatihan Siskudes di Kabupaten Tubaba ini harus dilakukan pada anggaran Dana Desa tahun 2017. ”Sehubungan dengan hal tersebut di atas, dalam hal ini Tim SATGAS SISTEM KEUANGAN DESA (SISKEUDES) Kabupaten Tulang Bawang Barat menyusun jadwal pelaksanaan kegiatan Pelatihan tersebut,” ungkapnya, Senin (13/11/2017).

Dia menjelaskan, pada pelaksanaan pelatihan tersebut terbagi menjadi dua tim yang mana waktu pelaksanaannya sudah dimulai dari kemarin. ”Tim 1 dengan jadwal dan tempat pelatihan yaitu Kecamatan  Tulang Bawang Udik (TBU) pada tanggal 23 sampai dengan 27 Oktober ini, Kecamatan Tumijajar tanggal 30 Oktober sampai 3 November ini, Kecamatan Lambu Kibang tanggal 6 sampai 10 November, dan Tulang Bawang Tengah (TBT) di mulai hari ini tanggal 13 sampai 17 November,” terang Wirdani.

Sementara,untuk Tim 2 berlangsung di beberapa kecamatan lain di Kabupaten Tubaba. ”Di Kecamatan Gunung Terang pada tanggal 23 sampai 27 Oktober, Kecamatan Batu Putih pada tanggal 30 Oktober sampai 3 November, sedangkan untuk Kecamatan Pagar Dewa dan Way Kenanga dilakukan secara bersamaan dilaksanakan pada tanggal 6 sampai 10 November ,dan yang terakhir di Kecamatan Gunung Agung pada hari ini pada tanggal 13 sampai 17 November,” ungkapnya.

Pelatihan tersebut mendatangkan moderator dan pemateri yang profesional dari pusat. ”Dalam pelaksanaan kegiatan ini dari Kecamatan menugaskan 2 orang peserta dan Tiyuh menugaskan 4 orang peserta dengan membawa laptop dan bawa RPJMDes, RKPT, APBT dari tiyuh sendiri yaitu Kepala Tiyuh, Sekretaris Tiyuh, Bendahara Tiyuh, dan Operator Tiyuh,” lanjutnya.

Wirdani berharap,para peserta dapat benar-benar serius dalam mengikuti pelatihan tersebut dan dapat benar-benar mengambil pelajaran dari para mentor agar Siskudes dapat diimplementasikan di Kabupaten Tubaba. ”Harapan kita yaitu penerapan Siskudes segera dilakukan di Kabupaten Tubaba, dan dapat berjalan maksimal didukung oleh Sumber Daya Manusia yang telah terlatih,” tandasnya. (DONI/DD)

No comments:

Post a Comment