MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, November 10, 2017

Proyek Perumahan Bersubsidi di Perbukitan Desa Bumiwangi Rawan Longsor

Lokasi proyek perumahan di wilayah Desa Bumiwangi
Kab. Bandung, Media Suara Nasional - Warga Rw 05  Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay  mendatangi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung, Senin (6/11) untuk menyampaikan keluhannya terkait proyek perumahan Bersubsidi di Perbukitan Desa Bumiwangi, yang dikhawatirkan rawan longsor, terlebih pada musim hujan seperti sekarang ini.

"Bila terjadi bencana alam longsor tentu menjadi korban rumah penduduk yang berada di bawah perbukitan tersebut," ucap Wawan salah satu pentolan tokoh masyarakat Desa Bumiwangi.

"Pada dasarnya kami mendukung program Pemkab Bandung untuk membangun perumahan Bersubsidi yang diperuntukan masyarakat kecil, namun seharusnya Pemkab Bandung juga memikirkan dampak lingkungan bencana rawan longsor," jelasnya.

Sementara itu, warga lainnya menyebutkan proyek perumahan di perbukitan Desa Bumiwangi mengakibatkan ekosistem lingkungan hutan dampaknya menjadi rusak dan akan hilangnya resapan mata air.
"Saya lebih setuju perbukitan ini dijadikan hutan lindung agar resapan mata air bisa terjaga," ujar warga.

Lanjut warga, "bila terjadi bencana longsor dan mengakibatkan korban jiwa, siapa nanti yang bertanggungjawab ? maka saya dan warga RW 05 berharap juga proyek perumahan yang berada di atas perbukitan Desa Bumiwangi dihentikan dulu disaat musim hujan, agar tidak terjadi erosi tanah yang berakibat timbulnya bencana longsor."

"Untuk itu saya berharap Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bandung dapat mengkaji ulang atas proyek perumahan di perbukitan Desa Bumiwangi,t erlebih kepada bapak Bupati Bandung agar mengetahui keresahan warga Desa Bumiwangi khusus Rw 05," tambahnya.

Jangan sampai kejadian tewasnya 4 orang warga akibat bencana alam longsor di Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung, terulang di Desa Bumiwangi," pungkas warga saat melakukan aksi laporan ke khawatiran bencana longsor di kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung.  (Arbim/A.R)

No comments:

Post a Comment