MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, September 30, 2016

Kementrian PU Bina Marga Dan Perumahan Rakyat Gelar Sosialisasi Pembangunan Jalan Lingkar Bandung



Deni Daryanto,Kades Pakutandang: Warga Jangan Sampai Dirugikan Oleh pihak ketiga dan PU Binamarga harus kerjasama dengan PT Telkom dan PLN guna menghindari adanya tumpang tindih pelaksanaan pembangunan jalan lingkar Bandung

Kab. Bandung SNP Jabar - Bertempat di Aula kecamatan Ciparay, Kab. Bandung, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI (BBPN VI), Jumat (30/9) melakukan sosialisasi penyusunan Amdal pembangunan jalan lingkar kabupaten Bandung. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan warga yang akan kena dampak jalur lintas, SKPD/instansi terkait , Camat yang daerahnya termasuk area kegiatan, para kepala desa/lurah, BPD yang wilayahnya terisolir oleh rencana pembangunan jalan lingkar.

Latar belakang dilaksanakannya sosialisasi pembangunan jalan lingkar Bandung melihat kondisi perekonomian yang diiringi dengan semakin meningkatnya volume lalulintas dan meningkatnya arus lalulintas di wilayah Jawa Barat khususnya arus dari wilayah kabupaten Bandung menuju wilayah ibukota propinsi Jawa Barat serta kapasitas jalan yang ada sudah tidak memadai dimana pada jam-jam sibuk sering terjadi kemacetan.

Maka dengan itu Kementrian PU Bina Marga melakukan sosialisasi pembangunan jalan lingkar Bandung yang bertujuan untuk  meningkatkan perekonomian di wilayah Jawa Barat khususnya di jalan yang akan terlewati rencana pembangunan jalan guna melancarkan dan mempercepat arus lalulintas dari wilayah Bandung Barat menuju wilayah Bandung dan sekitarnya  serta meningkatkan distribusi barang dan jasa antar wilayah. Dimana dalam kegiatan Sosialisasi tersebut pihak PU Binamarga memberikan informasi kepada masyarakat tentang rencana pembangunan jalan dan mendapatkan masukan dari masyarakat dan stakeholder lainnya dengan rencana pembangunan jalan lingkar Bandung

Masih ditempat yang sama, Deni Daryanto Kepala Desa Pakutandang kecamatan Ciparay  memberikan arahan dan ajuan kepada pihak Kementrian PU Binamarga dan Perumahan Rakyat tentang rencana pembangunan jalan lingkar Bandung.

 ’’Pada dasarnya adanya  rencana pembangunan jalan lingkar, saya atas nama kepala desa dan warga setuju-setuju saja karena akan meningkatkan roda perekonomian masyarakat namun perlu juga diperhatikan amdalnya. Terutama jangan sampai program ini dimasuki oleh pihak ketiga (percaloan tanah) yang mementingkan diri pribadi sehingga masyarakat yang kena dampak pembangunan jalan merasa dirugikan," tegasnya.

Kemudian, lanjut Deni, pihak PU Binamarga harus mengajak serta duduk bersama dengan pihak PLN dan PT Telkom, jangan sampai pembangunan jalan lingkar Bandung sudah selesai masih ada jaringan galian-galian kabel yang dilakukan oleh PLN dan PT Telkom. Karena itu akan merusak tatanan pembangunan jalan serta mengganggu para pengguna jalan baik itu pejalan kaki lima maupun pengguna kendaraan roda dua dan roda empat.

"Konsekwensinya rencana pembangunan jalan lingkar Bandung jangan sampai terjadi adanya tumpang tindih yang merugikan masyarakat,’’ tandasnya.   (Arbim)

No comments:

Post a Comment