MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Sunday, September 25, 2016

Desa Sukamukti Lirik Potensi Wisata dan Perdagangan

Kades Suka Mukti, Yosef Firmansyah
Kota Banjar, SNP Jabar - Desa Suka Mukti kecamatan Pataruman kota Banjar, Jawa Barat dipimpin oleh seorang kepala desa yang masih muda H. Yosef Firmansyah. Namun demikian, usia muda bukanlah suatu kendala untuk meraih prestasi dan berwawasan lebih maju, mengingat kecanggihan teknologi informasi sangat menunjang seseorang untuk berinovasi sesuai dengan perkembangan secara global.


"Saya jadi kepala desa baru satu periode ini dan saya berkeinginan dalam saya memimpin ingin mengutamakan kemajuan dibidang perekonomian masyarakat desa Sukamukti ini. Baik melalui dunia perdagangan atau pun wisata alam yang ada di desa Sukamukti ini, makanya kami bekerjasama dengan berbagai kalangan agar daya beli masyarakat terus meningkat," ujar Yusef saat ditemui SNP Jabar di ruang kerjanya.

Dikatakan Yosef, sekarang pihaknya sedang mengggali potensi wisata alam yang ada di desanya. Salah satunya wisata alam yang saat ini ada yang tengah dilirik yaitu batu peti dan curug panganten.

"Sedangkan dunia perdagangan yang baru, ada tempat persinggahan warga yang mau ke Pangandaran bisa istirahat dulu di tempat teduh yaitu Tembongkerta. Disana banyak warung masyarakat kami yang berjejer berbagai macam makanan dan kami ingin terus mendukung sarana dan prasarananya," katanya.

Tujuannya, lanjut Yosef, agar masyarakatnya yang berjualan di tempat tersebut lebih nyaman dan pengunjung yang istirahat pun lebih banyak lagi, dan masyarakatnya juga merasakan hasilnya.

Mengenai dana desa dari anggaran pemerintah pusat, kata Yosef, sangat membantu sekali terutama untuk pembangunan di bidang infrastruktur baik itu jalan ataupun untuk pembangunan saluran irigasi. Karena dengan infrastruktur jalan yang baik masyarakat yang akan berjualan ataupun membawa hasil pertanian akan lebih mudah dan lancar dan juga dengan saluran air irigasi yang bagus masyarakat petani akan lebih meningkat lagi hasi pertaniannya.

"Makanya kami sangat berterimakasih sekali terhadap pemerintah, baik itu pemerintah kota Banjar, pemerintah Jawa Barat atau pun pusat yang selama ini telah memberikan anggaran rutin tiap tahunnya ke desa Sukamukti ini," tambahnya.

"Kami berharap bantuan itu akan terus berlanjut. Juga kami berharap baik pemerintah ataupun pihak swasta bisa melirik daerah desa Sukamukti ini di bidang pariwisatanya," katanya.

Terkait hal itu, Yosef berharap dengan adanya sarana kepariwisataan mungkin nanti banyak wisatatawan baik dari daerahnya sendiri ataupun dari luar berkunjung ke lokasi wisata alam yang ada di desa Sukamukti ini. Dengan demikian,  masyarakatnya akan mendapatkan hasil dari bidang pariwisata itu.

"Karena kalau ada tempat wisata dan banyak pengunjungnya, masyarakat kami bisa berjualan di tempat wisata tersebut dan kesejahteraan pun akan bisa dirasakan oleh masyarakat kami ini," pungkasnya. (Tahyan) 

Editor: Lucky Iskandar

No comments:

Post a Comment