MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Sunday, September 25, 2016

LSM Gempar: Pemkab Bandung Tak Tegas, Lingkungan Jadi Rusak


Foto: ilustrasi

Kab Bandung, SNP Jabar - LSM Gempar yang tergabung dalam Forum Peduli Lingkungan meminta Pemkab Bandung agar sesegera mungkin melakukan upaya-upaya maksimal dalam melestarikan lingkungan yang berada di kabupaten Bandung. Mereka juga mempertanyakan langkah nyata yang dilakukan anggota legislatif dalam pengawasan terhadap lingkungan kepada pihak eksekutif. Hal tersebut  ditegaskan Harun Al Rashid ketua LSM Gempar,  dalam pernyataannya saat menghadiri Izin pamit Danramil 0906 Ciparay, sabtu (24/9)

Kami ingin DPRD kembali memvitalkan fungsinya sebagai pengawas eksekutif , termasuk dalam mengontrol Banjir dikawasan kampung Cieunteung dan kampung Andir kecamatan Baleendah yang sering menjadi langganan Banjir bila musim penghujan tiba. Harun Berharap pemerintah melalui dinas instansi terkait lebih tegas dalam menindak pusat galian urugan tanah dan penggalian batu didaerah jelekong dan kelurahan Wargamekar yang digunakan sebagai bahan bangunan Industri maupun para pengembang perumahan yang melakukan usaha berimpetasi dilahan zona pertanian,’’ ucapnya.

Dampak dari urugan tanah dan penggalian batu didaerah tersebut, menurut Harun, akan menimbulkan erosi tanah dan mengurangi ketahanan pangan mengakibatkan kerusakan alam dan ekosistem lingkungan serta Banjir yang merugikan warga sekitar.

Harun memohon kepada Pemkab Bandung agar meminimalisir atau memperketat izin Galian C yang disodorkan oleh pihak pengusaha. Jangan karena pemberian uang besar, Dinas terkait melegalkan pengesahan izin galian tersebut yang berdampak terhadap rusaknya lingkungan. 

Diluar itu kami juga merasa prihatin atas banyaknya jumlah pengangguran dan sulitnya mencari pekerjaan dan gulung tikarnya pengusaha lokal dikabupaten Bandung, akibat dari kebijakan pemkab yang mengedepankan orang-orang tertentu dari kalangan pengusaha tanpa memperhatikan pengusaha-pengusaha lokal. Contoh utama dalam proyek pekerjaan jalan maupun kantor dinas banyak pengusaha diluar kabupaten Bandung yang berhasil memenangkan tender proyek,’’ pungkas Harun. (Arbim)

No comments:

Post a Comment