MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Sunday, September 25, 2016

Desa Cibeureum Maksimalkan Penggunaan Dana Desa

Kota Banjar, SNP Jabar - Dana desa tahun anggaran 2016 dari pusat yang diterima desa Cibeureum kota Banjar, Jawa Barat digunakan untuk berbagai program yang telah direncanakan.


Kepala desa Cibereum, Yayan, saat ditemui SNP Jabar di ruang kerjanya mengatakan bahwa dana desa yang diterima dari anggaran APBN 2016 pusat sangat membantu sekali dalam menunjang program yang telah direncanakan melalui musyawarah dengan berbagai kalangan baik BPD, tokoh masyarakat juga tokoh agama dan kalangan pemuda di musrenbangdes sebelumnya.

"Dana desa yang ditrima itu dalam dua tahap. Dana desa tahap satu kami pergunakan untuk pemberdayaan posyandu yaitu membangun gedung posyandu di dusun Cibodas yang kebetulan disitupun ada PAUD," kata Yayan kepada awak media Swara Nasional Pos, belum lama ini.

Dengan dibangunnya gedung posyiandu, kata Yayan, pelayanan terhadap masyarakat yang akan melakukan pemeriksaan anak balita dan ibu hamil akan lebih nyaman.

Selain itu juga, lanjut Yayan, dana desa tahap 1dipergunakan untuk perbaikan dan pembangunan jalan kif yang ada di desa Cibeureum, juga memberikan santunan untuk 132 masyarakat miskin desa Cibeureum Kota banjar. "Serta pemeliharan dan pelatihan UKM( usaha kecil menengah) dan juga untuk sarana dan prasarana paud," paparnya.

Sementara itu, Dana desa tahap II, kata Yayan dipergunakan untuk pembangunan dan pemeliharaan sarana air bersih yang ada di desa Cibereum juga untuk pembangunan dan pemeliharan lumbung desa yang ada.

Dengan adanya rutinitas bantuan dari pemerintah pusat melalui dana desa yang sudah berjalan 2 tahun ini, Yayan yakin masyarakat desa akan merasakan hasil pembangunannya.

"Kami berharap agar pemerintah pusat akan terus menggulirkan bantuaan ke desa dan kalau bisa lebih ditingkatkan lagi agar seluruh program Pembangunan cepat berjalan dan masyarakat merasakannya hasinya," tandasnya. (Tahyan)


Editor: Lucky Iskandar 

No comments:

Post a Comment