MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, September 27, 2016

634 Pasis Sesko Ikuti Latihan Operasi Gabungan

Mayjen TNI Pratimin: "Latihan ini tidak hanya bersifat parsial, tapi mengintegrasikan darat laut dan udara,"

Komandan Seskoad Mayjen TNI Pratimin
BANDUNG - Sebanyak 634 perwira siswa (pasis) mengikuti program kegiatan bersama Operasi Gabungan Sesko TNI dan Sesko Angkatan TA 2016. Kegiatan yang berlangsung selama sepekan tersebut merupakan bagian dari pendidikan yang mengintegrasikan seluruh kekuatan pertahanan untuk menghadapi ancaman perang.

"Latihan ini tidak hanya bersifat parsial, tapi mengintegrasikan darat laut dan udara," ujar Komandan Seskoad, Mayjen TNI Pratimun, Selasa, 27 September 2016.

Dia menuturkan, latihan gabungan tersebut merupakan bagian yang harus ditempuh menjelang masa pendidikan berakhir. Pasis yang bergabung dalam latihan berasal dari Sesko TNI, Sesko AD, Sesko AU, serta Sesko AL. Mereka dibagi dalam kelompok tertentu untuk merencanakan operasi militer.

"Konsep yang direncanakan dalam empat hari ini nantinya akan diujikan di akhir dalam bentuk tactical floor games," ujar Pratimun.

Dengan pola seperti ini, setiap pasis akan terlatih dalam merencanakan kampanye militer, operasi gabungan utama, serta operasi dukungan. Hal itu berkaitan dengan kemampuan untuk menganalisa dan merumuskan konsep operasi.

"Kegiatan ini juga membangun semangat integration pasis Sesko TNI dan Sesko Angkatan melalui penyamaan visi, persepsi dan interpretasi untuk mewujudkan interoperabilitas dalam perencanaan dan pelaksanaan Operasi Gabungan," kata Pratimun.***

No comments:

Post a Comment