MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, September 26, 2017

Diskusi Pimpinan TNI-POLRI, Pangdam III/Siliwangi: Situasi Jawa Barat Harus Tetap ‘Adem’



Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI M. Herindra dan Kapolda Jabar, Irjen Pol. Budi Agung Maryoto

Kota Bandung, Media Suara Nasional Pimpinan Institusi TNI dan POLRI yang berada di Jawa Barat, dalam hal ini adalah Pangdam III/ Siliwangi, Mayjen TNI M. Herindra dan Kapolda Jabar, Irjen Pol. Budi Agung Maryoto, serta Tokoh Masyarakat Jawa Barat mengadakan kegiatan silaturahmi di RM. Nyonya Jl. Trunojoyo, Bandung. Selasa, (26/9).

Tujuan di adakannya kegiatan silahturahmi tersebut adalah untuk saling bertukat pikiran, berdiskusi dan berdialog, agar situasi serta kondisi di Jawa Barat yang selama ini selalu dalam keadaan kondusif, jangan sampai menjadi panas dan tidak nyaman bagi siapapun.

“Situasi Bandung dan Jawa Barat harus tetap adem,” kalimat itulah yang pertama kali dis ampaikan oleh Pangdam III/Siliwangi pada saat menghadiri kegiatan Silahturahmi dengan Tokoh Masyarakat Jawa Barat bersama Kapolda Jawa Barat.

Apalagi mengingat pada tahun 2018 yang akan datang di beberapa wilayah Jawa Barat akan menggelar pemilihan Kepala Daerah, sekaligus Jawa Barat sendiri akan menggelar event Pilkada Gubernur Jabar.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam III/Siliwangi menyampaikan, “bahwa di masa damai, Prajurit Kodam III/Siliwangi yang mempunyai tugas menjaga pertahanan Negara dengan cara siap bertempur menghadapi musuh Negara.”

“Tugasnya memang tidak begitu terlihat, akan tetapi perlu kiranya para tokoh masyarakat Jawa Barat yang hadir memberikan informasi kepada masyarakat, bahwa Kodam III/Siliwangi terus melaksanakan tugasnya dalam mempertahankan Negara dengan cara Operasi Militer Selain Perang (OMSP),” tegas Pangdam III/Siliwangi.

Adapun OMSP tersebut ada dalam 14 bentuk yang beberapa di antaranya adalah:
- Memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan system pertahanan semesta.
- Membantu tugas Pemerintahan Daerah.
- Membantu POLRI dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang di atur dalam undang-undang.

Hadir pada kegiatan Silahturahmi yang di gagas oleh Kapolda Jabar tersebut para Tokoh Masyarakat Jawa Barat, di antaranya adalah Ketua KPU Jabar Dr. Yayat Hidayat, Persis Jabar Usman Iman, H. Umuh Muchtar, Wakil Ketua DPRD Jabar Haris Yuliana, serta Perwakilan Rektor Unpar dan Uninus

Kegiatan berlangsung dengan santai dan terjadi dialog antara Tokoh Masyarakat Jabar dengan Pangdam dan Kapolda, sekaligus para tokoh masyarakat juga mengharapkan agar pertemuan serupa yang di gagas oleh Kapolda Jabar tersebut dapat dilaksanakan secara rutin. (Jef)

No comments:

Post a Comment