MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, September 28, 2017

Untuk Menguatkan Pendidikan Literasi Siswa, Dinas Pendidikan Selenggarakan Workshop LRCKB


Banner Workshop Leader's Reading Challenge Kabupaten Bandung

Kab. Bandung, Media Suara Nasional - Bertempat di Graha Arjasari Desa Batu Karut Arjasaari, Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung menyelenggarakan Workshop Leader’s Reading Challenge Kabupaten Bandung (LRCKB).

Workshop kali ini di ikuti oleh para Kepala Sekolah dan satu perwakilan Guru di tiap Sekolah yang ada di Kabupaten Bandung. Di Hari Rabu (27/9) khusus untuk tingkat Sekolah Dasar baik Negeri maupun Swasta dan di lanjutkan pada Hari Kamis (28/9) untuk tingkat SMP Negeri dan Swasta.

Workshop ini di selenggarakan untuk meningkatkan minat baca para siswa yang seiring berjalannya waktu semakin berkurang dan belum semua sekolah mewajibkan literasi ini pada para siswanya.


Menurut Engkun, salah satu peserta dari SMPN 1 Dayeuh Kolot, bahwa seharusnya setiap satu bulan siswa minimal hafal satu buku, “idealnya hafal satu buku tiap satu bulan dan bukunya tergantung minat siswa,” ujarnya menambahkan.

Dalam prakteknya Literasi ini sangat membantu dalam mengisi waktu luang siswa, misalnya lima sampai sepuluh menit tiap hari di pagi hari sambil menunggu waktu di mulainya belajar di kelas.

Setelah banyak siswa yang hafal maka akan di ikut sertakan dalam lomba literasi di tiap gugus dan terus berjenjang ke tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi dan Nasional. Untuk di sekolah program literasi selain meningkatkan minat baca juga untuk melatih keterampilan siswa dalam menulis. (JEF/ASM).
 

No comments:

Post a Comment