MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, October 24, 2017

Bunga Aneh dan Langka Tumbuh di Air Naningan

Bunga Raflesia yang tumbuh di pekarangan warga
Kab. Tanggamus, Media Suara Nasional - Masyarakat Pekon/Desa Way Harong Kecamatan Air Naningan, Tanggamus dikejutkan adanya tumbuhan langka Bunga Bangkai yang tumbuh dipekarangan rumah salah satu warga. Bunga bangkai diperkirakan sejenis Raflesia, tapi ini ukurannya lebih kecil, sedangkan bunga raflesia besar setinggi orang dewasa, kesamaannya dari aroma bangkai yang menyengat.

Bunga itu pertama kali ditemukan Mulyanto (47) dibelakang pekarangan rumahnya di Pekon Way Harong pada saat bersih-bersih rumput. "Saya terkejut melihat adanya tumbuhan itu, untuk memastikan tumbuhan apa dirinya menanyakan kepada kerabatnya, ternya itu bunga bangkai," ujarnya Minggu (22/10/2017).

Menurut dia, pada dasarnya bunga tersebut termasuk jarang dijumpai, apalagi tanaman tersebut jelas termasuk langka seperti di Kabupaten Tanggamus. "Setelah saya tau, ternyata bunga bangkai itu adalah bunga langka, sangat sulit ditemui apalagi di wilayah ini," imbuhnya.

Bunga sejenis ini pernah tumbuh di wilayah Kota Agung Timur (Kotim) tepatnya daerah Batu Keramat,di tahun 2016 menurut salah satu wartawan Tanggamus yang pernah meliput keberdaan bunga itu.

Bunga jenis ini indemik di Provinsi Bengkulu, yaitu dengan nama bunga Raflesia (Bunga bangkai) tumbuhan karnivora.

Rep: Azhimi     |     Red: Jhefry
 

No comments:

Post a Comment