MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, October 21, 2017

Program GERMAS, Chusnunia: Masyarakat Harus Hidup Sehat

Chusnunia Chalim, Bupati Lampug Timur (baju hijau) saat acara GERMAS di Waway Karya
Kab. Lampung Timur, Media Suara Nasional - GERMAS merupakan program nasional yang di terapkan di seluruh Indonesia, tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup yang sehat. Acara yang di adakan di Kecamatan Waway Karya, Kamis (19/10).

Dinas Kesehatan Kab. Lampung Timur mengadakan acara GERMAS di daerah Kecamatan Waway Karya yang di hadiri oleh Bupati Lampung Timur Hj. Chusnunia Chalim Ph.D, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Lampung Timur, Nila Tanjung, Kapolsek Waway Karya, AKP. Firdaus Sugih, Danramil Roospian, Camat Waway Karya, Djarot Suseno, SH, Forkopimcam beserta masyarakat Kecamatan Waway Karya.

Pada acara GERMAS  tersebut, selain melakukan senam bersama, juga diadakan Tarian masal Tari Melinting oleh siswa SD se Kecamatan Waway Karya, khitan, Donor darah, Pemeriksaan kesehatan gratis, dan pemberian tablet zat besi untuk siswi SMA dan di lanjut  Penandatanganan bersama komitmen GERMAS oleh Bupati Lampung, Kapolsek, Danramil, beserta Forkopimcam Kecamatan Waway Karya.

Di sela acara, Bupati memberikan sambutannya. Dalam sambutannya Chusnunia Chalim  menyampaikan tentang GERMAS, "jadi masyarakat harus hidup sehat kalau bukan kita yang jaga kesehatan kita, siapa lagi? saya cuma mau bilang, kalau mau sehat jaga kesehatannya masing-masing, karena itu adalah hal yang melekat di badan kita. Sehingga harus kita jaga, karena kalau udah sakit gak perduli kecil atau besar, kaya atau miskin, rasanya sama, sama-sama gak enak kalau sakit tentunya gak ada yang mau di kasih sakit kan pasti kita semua mau sehat."

"Dengan cara apa kita menjaganya? Dengan cara menjaga pola makan yang sehat. Usahakan pekarangannya di tanami buah dan sayuran di halaman rumah serta bisa masyarakat terapkan ternak lele itu prosesnya mudah," ungkapnya.

Saat di wawancarai mediasuaranasional.com Bupati Lampung Timur mengatakan, GERMAS ini akan menjadi agenda yang berkelanjutan, masyarakat harus hidup sehat caranya melakukan aktifitas fisik, makan buah dan sayur, periksa kesehatan dengan rutin, tidak merokok, tidak meminum-minuman beralkohol, membersihkan lingkungan, serta menggunakan jamban sehat."

Di sela acara juga di berikan bantuan secara simbolis PMT BUMIL, bantuan makanan tambahan pada bumil  kepada keluarga kurang gizi berupa parcel dan tablet tambah darah untuk remaja putri Kecamatan Waway Karya oleh Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim.

Di akhir acara GERMAS  tersebut  dilakukan penyerahan Piagam Desa ODF Karya Basuki kepada Kepala Desa Karya Basuki Nanang Subagio oleh Bupati Lampung Timur. ODF adalah singkatan dari Open Defecation Free atau kawasan bebas buang air besar sembarangan.

Rep: Fauzi     |      Red: Jhefry

No comments:

Post a Comment