MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, October 26, 2017

Banjir Bandang Melanda Kelumbayan, Tanggamus

Banjir Bandang di Kelumbayan
Kab. Tanggamus, Media Suara Nasional - Kapolsek Limau dan jajarannya telah tiba di lokasi banjir Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus, Kamis (26/10/17).

Mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.IK., M.Si, Kapolsek Limau Iptu Rukmanizar mengatakan Pekon (desa) terdampak banjir meliputi Pekon Napal, Pekon Penyandingan, Pekon Susuk, Dusun Sukajaya Pekon Sidoharjo, Pekon Negeri Kelumbayan Kecamatan Kelumbayan.

"Ketinggian banjir yang terjadi Pekon Napal setinggi 2 meter, Pekon Penyandingan 2 meter, Pekon Susuk 1,5 meter, Dusun Sukajaya Pekon Sidoharjo setinggi 1 meter, Pekon Negeri Kelumbayan, 0,5 meter", kata Iptu Rukmanizar, Kamis (26/10/17) malam.

Lanjutnya, akibat banjir tidak ada korban jiwa hanya mengakibatkan 2 Rumah Gribik dan Kantor Sahbandar hanyut terbawa air, 10 rumah rusak berat, rusak sedang di Dusun Pantai Harapan Pekon Penyandingan, 2 rumah rusak sedang Dusun Suka Agung Pekon Napal, 2 rumah rusak ringan Pekon Sidoharjo.

"Kerugian belum bisa ditaksir, masih dalam pendataan petugas. Banyak Hewan ternak seperti Kerbau, Kambing, Ayam serta perabot rumah terbawa banjir," ujar Iptu Rukmanizar.

Dijelaskan Kapolsek, banjir di akibatkan oleh alira Sungai Way Napal dan Sungai Penyandingan yang meluap. "Jadi saat sungai deras akibat hujan yang mengguyur wilayah tersebut dan air laut pasang naik sehingga air berputar dan naik ke perkampungan," jelasnya.

Saat ini masyarakat sudah kembali kerumah masing-masing dan untum warga yang rumahnya rusak kembali ke rumah saudara terdekat.

"Komunikasi di lokasi banjir untuk sementara putus, kami upayakan bersama Rapi dan Orari agar bisa memberikan informasi, agar dapat melaporkan situasi terkini kami juga naik ke arah pegunungan," pungkas Iptu Rukmanizar. 

Rep: Azhimi     |     Red: Jhefry
 

No comments:

Post a Comment