MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Monday, October 30, 2017

Pengantin di Tubaba Wajib Tanam Pohon

Kab, Tulang Bawang Barat, Media Suara Nasional - Dengan slogan Tanam 25 batang pohon untuk Bumi, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat gelar Launcing penanaman pohon pengantin yang berlangsung di lingkup kantor Kemenag setempat. 
 
Launcing penanaman pohon pengantin tersebut sangat penting bagi Pemerintah Daerah, dimana penanaman pohon bagi calon pengantin dinilai bermanfaat untuk lingkungan, khususnya dalam hal penghijauan. 

Dikatakan Nisom,  Kepala Lingkungn Hidup membacakan sambutan Bupati Tubaba Umar Ahmad,  "bahwasannya dirinya meminta Kementerian Agama di Kabupaten setempat mewajibkan setiap pasangan calon pengantin menanam pohon," Senin (30/10/2017).

"Penanaman pohon tersebut,  bertujuan untuk menghijaukan kembali lahan kritis di daerah,  mengingat saat ini terdapat 24,3 juta hektare lahan kritis di Indonesia, maka dari itu perlu adanya kerja keras dan komitmen semua pihak untuk melakukan penanaman pohon kembali dilahan-lahan kritis tersebut. Mengingat butuhkan waktu 48 tahun dengan melakukan penanaman pohon 3.000 batang,"  ujar Nisom. 

Terpisah, Sedarno Kepala Kemenag Tubaba mengatakan, "bahwasannya keberadaan pohon dan hutan ini sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan manusia. Baik dalam menyediakan oksigen maupun dalam melakukan mencegah berbagai bencana alam." 

"ya, kami mengingatkan bahwa pohon ini ciptaan Tuhan yang harus dijaga dan dilestarikan, karena tanpa pohon maka akan berdampak terhadap seluruh aspek kehidupan di bumi ini," ujarnya.

Untuk itu,  Kemenag Tubaba akan memberlakukan kewajiban pasangan pengantin untuk menanam pohon dan memelihara pohon, guna mempercepat program pemerintah dalam melestarikan hutan dan meningkatkan kawasan terbuka hijau yang masih di bawah target. 

"Mudah-mudahan dengan upaya ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga dan melestarikan penghijauan di kantor maupun di sekitar alun-alun," harapnya.

Dalam Launching penanaman pohon pengantin dan kebun pengantin tersebut, nampak di hadiri Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung, Bupati Tubaba, Kepala Kantor Kemenag se Provnsi Lampung, Kepala BPDASHL, Kasi Bimas Islam se Provinsi Lampung, dan tokoh agama, penyuluh agama Islam non se Kab. Tubaba, KUA 3 Kabupaten, Kabupaten Tuba, Tuba Barat dan Mesuji serta ASN di lingkup Kemenag Tubaba. (DONI/DD)

No comments:

Post a Comment