MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, October 24, 2017

Renovasi SDN Magung 3 Ciparay Banyak Kejanggalan

Kabupaten Bandung, Media Suara Nasional - Renovasi adalah perbaikan aset tetap yang rusak atau mengganti yang baik menjadi lebih baik dengan maksud meningkatkan kualitas atau kapasitas.

Mungkin hal ini belum di Fahami benar oleh Ibu Evi, Kepala Sekolah SDN Magung 3 Ciparay Kabupaten Bandung. Ditahun anggaran 2017 ini SDN Manggung 3 menerima bantuan senilai Rp 1.352.420.000,- dari APBN untuk renovasi sekolah dengan sistem swakelola. Dalam prakteknya tidak semua item di perbaiki.

Dalam sistem pembangunan sekolah diduga tidak memakai sistem swakelola, itu terlihat dari pengamatan MSN bahwa sebagian besar pekerja berasal dari Sumedang termasuk yang di akui sebagai tenaga tekhnisnya, juga tidak di bentuknya Panitia Pembangunan Sekolah (P2S). 

Jauh sebelum di mulainya pembangunan renovasi, Ketua Komite SDN Magung 3, Asep Dani menjelaskan telah mengusulkan untuk membentuk kepanitiaan, tapi hal itu seperti tidak di indahkan Kepala Sekolah. Hal ini di perkuat oleh pengakuan beberapa guru, juga ketua komite yang merasa tidak dilibatkan dalam pembangunan renovasi, malah suami kepala sekolah yang menjadi pengawas pembangunan.

Saat pihak konsultan di hubungi  oleh salah satu rekan media, konsultan hanya mengakui sangat menyayangkan bila hal ini benar terjadi, “kami tidak mengetahui hal itu dan nanti akan kami cek kebenarannya,“ ujarnya.

Ketika MSN berbincang lebih jauh dengan salah satu pengajar, ada hal mengejutkan lainnya, ternyata selama kepemimpinan Ibu Evi di SDN Manggung 3 telah ada 4 orang guru PNS yang pindah dengan dalih tidak nyaman di pimpin oleh Ibu Evi.

Saat ini hanya tinggal 2 orang guru PNS di sana dan tidak lama lagi satu orang guru PNS akan segera pindah. Bukan itu saja, terkait bendahara BOS pun sampai saat ini belum ada penggantinya sedangkan bendahara lama telah pindah tugas ke sekolah lain.

Rep: ASM     |     Red: Jef

No comments:

Post a Comment