MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, October 27, 2017

Kejati Jabar Bidik Dugaan Kasus Korupsi Pengadaan Buku Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung

Kajati Jabar, Setia Untung Arimuladi
Kab. Bandung, Media Suara Nasional - Dijelaskan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Setia Untung Arimuladi dalam siaran Pers-nya, Minggu (22/10) menjelang Pergantian akhir masa jabatan, bahwa Kejati Jabar saat ini tengah melakukan penyelidikin kasus dugaan korupsi pengadaan buku bidang sejarah Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung tahun anggaran 2015.

Masih menurut Setia Untung, "pada tahun 2015 Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung telah mengalokasikan anggaran belanja cetak pengadaan 18 buku paket senilai Rp 3.56 Milliar, lalu dalam pelaksanaannya dilakukan penunjukan langsung dimana pada proses Harga Penetapan Sendiri (HPS) tidak dilakukan sesuai dengan ketentuan, sehingga terjadi kemahalan harga. Akibatnya dari kemahalan harga tersebut, Negara telah dirugikan yang diduga mencapai Rp 3.04 milliar." ungkapnya.

"Dengan kejadian tersebut, maka pihaknya tengah melakukan penyelidikan sesuai dengan Surat Perintah Penyidikan (SPP) dari Kejati Jabar no PRINT-266/02/Fd.1/06/2017 per tanggal 5 Juni 2017," jelasnya.

Ditambahkannya juga tahapan penanganan perkara tersebut berdasarkan perhitungan kerugian Negara oleh BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Barat.

"Adapun untuk penetapan tersangka masih menunggu hasil dari perhitungan kerugian Negara dari BPKP, pihaknya telah melakukan penyitaan sejumlah uang dari 5 orang tersangka yakni sebesar Rp 1.354 milliar," pungkas Setia Untung mengakhiri pembicaraannya.   (Arbim)

No comments:

Post a Comment