MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Sunday, October 29, 2017

Ini Penyebab Sering Terjadi Pemadaman Listrik di Tasikmalaya

Iran Junaedi, Manajer PLN Rayon Kota Tasikmalaya
Kota Tasikmalaya, Media Suara Nasional - Sering terjadinya pemadaman aliran listrik di Tasikmalaya akhir-akhir ini disebabkan oleh adanya gangguan yang disebabkan oleh layang-layang.

Akibat dari gangguan yang diakibatkan oleh layang-layang ini PLN menderita kerugian energi, material dan peralatan listrik. Warga juga banyak yang mengeluh akibat sering terjadinya mati aliran listrik. 

Manajer PLN Rayon Kota Tasikmalaya, Iran Junaedi mengatakan, dari 127 kasus gangguan penyulang mengakibatkan banyak energi listrik tidak terjual. Tercatat 211.083 KWh yang terbuang. Menurutnya, jika diuangkan Rp 886 per KWh, maka kerugian yang diderita sampai Agustus 2015 sebesar Rp 187 juta. 

"Angka tersebut belum terhitung kerugian material dan peralatan listrik," kata Iran.

Iran menjelaskan, wajar jika banyak warga yang mengeluh akibat arus listrik kerap mati. Menurutnya, banyak hal yang bisa membuat arus listrik konsleting dan mati mendadak. Salah satunya karena di musim kemarau banyak layangan yang menyangkut di kabel jaringan listrik.

Lanjut iran, memang akan sulit dibayangkan mengapa layang-layang bisa mengakibatkan korsleting dan arus listrik mati. Tapi berdasarkan hasil pemeriksaan petugas PLN di lapangan, banyak layang-layang yang diterbangkan dengan menggunakan kawat sebagi talinya.

"Di musim kemarau kali ini arus listrik sering mati penyebabnya hampir sebagian besar akibat layang-layang," ujar Iran.

Ia tidak melarang masyarakat untuk bermain layang-layang. Tapi ia mengimbau masyarakat yang main layang-layang agar jauh-jauh dari gardu listrik dan tidak menggunakan kawat sebagi talinya akan sangat berbahaya. Di samping membahayakan penggunanya, juga mengakibatkan kerusakan. (tim MSN/Deniz)

No comments:

Post a Comment