MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Monday, October 30, 2017

Upacara Bulanan Memperingati Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Sumpah Pemuda di Tanggamus

Kab. Tanggamus, Media Suara Nasional - Senin (30/10) Komandan Kodim (Dandim) 0424 Letkol Arh. Anang Hasto Utomo, S.I.P bertindak sebagai pembina Upacara pada Upacara Bulanan Memperingati Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Pemerintah Kabupaten Tanggamus.

Turut hadir dalam Upacara tersebut Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.IK,  Asisten II Bidang Pembangunan Fb.Karjiono, Asisten III Bidang Administrasi Drs.Firman Rani, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas, Para Camat se Kab. Tanggamus, Tokoh pemuda, unsur ormas dan insan Pers, serta Karyawan Karyawati di lingkup Pemkab Tanggamus.

Dalam Sambutan Dandim 0424 Letkol Arh. Anang Hasto Utomo,S.I.P mewakil Wabup Tanggamus, beliau menyampaikan, "Kita tentu patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda Indonesia yang sudah melahirkan Sumpah Pemuda. Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya."

"Anehnya, justru dengan berbagai macam kemudahan yang kita miliki hari ini, kita justru lebih sering berselisih faham mudah mewakili menvonis orang, mudah sekali berpecah belah, saling mengutuk satu dengan yang lain, menebar fitnah dan kebencian."

Dalam sebuah kesempatan, Presiden Republik Indonesia yang pertama Bung Karno pernah menyampaikan "Jangan Mewarisi Abu Sumpah Pemuda, tapi Warisilah Api Sumpah Pemuda. Kalau sekedar mewarisi Abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah Satu Bahasa, Satu Bangsa, dan Satu Tanah Air, tapi ini bukan Tujuan Akhir".
Oleh karena itu mari kita Sempurnakan Persatuan dan Kesatuan Indonesia, stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada Perpecahan Bangsa.

Selain memperingati Hari Sumpah Pemuda, Kita juga memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Pancasila mengandung makna yang amat penting bagi sejarah perjalanan Bangsa Indonesia, karena itulah Pancasila dijadikan sebagai dasar negara. Artinya segala tindak tanduk dari orang-orang yang termaktub sebagai warga negara dari  Republik bersama haruslah didasarkan pada Nilai-nilai dan Semangat Pancasila.

Peringatan Hari kesaktian Pancasila setiap Tanggal 1 Oktober, harus dijadikan sebagai kesempatan untuk merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila itu sendiri. Hal ini penting, karena Generasi baru tidak akan memiliki rasa percaya diri dan Kebanggaan atas bangsa ini tanpa mengenali sesungguhnya sejarah kehidupannya. (Azhimi)

No comments:

Post a Comment