MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, October 28, 2017

Desa Sinartanjung Manfaatkan ADD Untuk Bangun Jalan Lingkungan Dusun

Warga bergotong-royong membangun jalan di blok bukaan Dusun Pananjung Barat
Kota Banjar, Media Suara Nasional - Berbagai bantuan anggaran baik dari APBN, BanProv dan dari APBD Kota Banjar telah diterima oleh Pemerintah Desa Sinartanjung Kecamatan Pataruman Kota Banjar.

Bantuan anggaran dari Pemerintah Kota Banjar dari APBD Kota Banjar 2017 berupa Alokasi Dana Desa (ADD 2017) yang diterima Desa Sinartanjung sebagian dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur.

Jajang sebagai PK (Pelaksana Kegiatan) Desa Sinartanjung mengatakan, bahwa anggaran bantuan dari Pemerintah Kota Banjar berupa ADD 2017 sebagian anggarannya digunakan untuk membangun infrastruktur.

"Salah satu kegiatan pembangunan infrastruktur yang menggunakan anggaran ADD 2017, yaitu pembangunan infrastruktur jalan lingkungan (jaling) di Dusun Pananjung Barat Desa Sinartanjung dengan anggaran sebesar Rp 124.857.000,- di blok bukaan sepanjang 508.80 m dan lebar 2.5 m," terang Jajang.

Papan proyek pembangunan infrastruktur desa
Hasil penelusuran Media Suara Nasional ke lokasi pembangunan jalan lingkungan blok bukaan Dusun Pananjung Barat, masyarakat sangat antusias dengan bergotong-royong membangun jalan tersebut, bahkan terlihat mantan Kepala Dusun Pananjung Barat, Endang Suryadi terlihat begitu semangat ikut bergotong-royong bersama warga. Walaupun sudah pensiun karena umur, tapi ikut andil menggerakan warga ramai-ramai bergotong-royong membangun jalan lingkungan.

Jalan lingkungan di blok bukaan Dusun Pananjung Barat memang awal jalannya masih berupa tanah berbatu, padahal di sepanjang jalan tersebut penuh rumah warga bahkan kebanyakan warga di sekitar lokasi tersebut kebanyakan pengrajin bata merah.

Sehingga dengan di bangunnya jalan lingkungan yang bagus berupa jalan aspal, para pengrajin bata merah bisa lebih lancar mengangkut bahan dasar bata merah juga lebih lancar dalam pemasaran dalam pengiriman bata merah ke pihak konsumen, sehingga waktu dan biaya pun akan lebih ringan.

Berarti dengan di bangunnya jalan lingkungan di blok bukaan akan bisa meningkatkan perekonomian warga masyarakat Dusun Pananjung Barat, Desa Sinartanjung tersebut.  (Tahyan)

No comments:

Post a Comment