MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, October 5, 2017

Dibangunnya Saluran Irigasi Pagak, Hasil Panen pun Bisa Meningkat

Saluran Irigasi Pagak Desa Sukamukti
Kota Banjar, Media Suara Nasional - Proyek pembangunan saluran irigasi yang dilaksanakan Pemerintah Kota Banjar dengan jumlah anggaran Rp 1.847.111.000,-   itu sangat bermanfaat sekali bagi para petani di Dua Desa dan Satu Kelurahan, karena saluran air irigasi pagak itu bisa mengairi lahan pesawahan Desa Binangun, Desa Sukamukti dan Kelurahan Hegarsari Kecamatan Pataruman.

MSN menemui Kepala Desa Sukamukti, H. Yosef Firmansyah, beliau pun sangat mendukung sekali dengan di bangunnya saluran irigasi pagak tersebut karena dengan di bangunnya saluran irigasi pagak oleh Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Pekerjaan Umum Bidang SDA sangat membantu sekali para petani untuk bisa meningkatkan hasil panen.

"Karena selama ini saluran air yang melewati lahan pesawahan tersebut air nya tidak mengalir dengan baik, sehingga para petani pun banyak mengeluh," ucap H. Yosef.

"Memang warga masyarakat Desa Sukamukti kebanyakan hanya penggarap, karena yang punya lahan pesawahan tesebut mayoritas orang luar Desa Sukamukti. Tetapi dengan  di bangunnya saluran air irigasi pagak tersebut para penggarap pun akan bisa mendapatkan hasil panen yang lebih dari jerih payahnya menggarap sawah," paparnya.

Pembangunan saluran irigasi tersebut dilaksanakan oleh CV. Sinar, hasil penelusuran MSN ke lokasi pembangunan saluran irigasi tersebut. Para pekerja kuli bangunannya menggunakan warga sekitar lokasi pembangunan irigasi tersebut.

MSN menemui pelaksana CV Sinar, dia mengatakan, "kami memperkerjakan mayoritas warga sekitar untuk membangun saluran irigasi dengan maksud agar warga sekitar pun bisa mendapat penghasilan dengan adanya kegiatan pembangunan saluran irigasi tersebut."

Dan kami pun berharap dengan di libatkannya warga sekitar bekerja di proyek tersebut bisa ikut memperhatikan kualitas hasil pekerjaan, sehingga proyek akan bisa lebih maksimal dan hasilnya sesuai dengan apa yang dikehendaki bersama ," pungkasnya. (Tahyan)

No comments:

Post a Comment