MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, October 3, 2017

Bangun Posyandu Senilai Rp 400 juta, Desa Margo Mulyo Masih Terlilit Utang ke Toko Bangunan

Posyandu Desa Margo Mulyo senilai Rp 400 juta
Kab. Mesuji, Media Suara Nasional - Dana Desa (DD) tahapan pertama 60% senilai Rp400 juta Desa Margo Mulyo yang di bangunkan Gedung Posyandu sudah terealisasi, bahkan hebatnya lagi pembuatan bangunan gedung tersebut masih ada sangkutan alias utang di tempat pembelian material senilai 40 juta rupiah.

"Abdul Salam alias Monte, yang saat ini mejabat sebagai Kepala Desa Margo Mulyo Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji sangat mengeluhkan Dana Desa tahun 2017.

Kepala Desa Abdul Salam juga menjelaskan dari Dana Desa ini saja kami kerjakan sampai selesai malah menimbulkan hutang Rp40 juta disebabkan karena saat ini harga material seperti besi dan semen naik.
 
"Mungkin karna kami berhutang membeli material, makanya semua jadi mahal dan naik," ujar Kades Abdul Salam saat kami temui di rumahnya, Minggu (1/10/17).

Kades Abdul Salam juga menjelaskan kepada kami, "sedikit menyayangkan karena harusnya pencairan Dana Desa di Kabupaten Mesuji sedikit terlambat dan harus meyantumkan Surat Permintaan Pembayaran atau nota penagihan material."
 
"Sekarang di tahun 2017 ini aturan mau pencairan harus membawa SPP atau nota utang, gak kayak dulu, tahun kemarin pencairan Dana Desa tahap Pertama langsung 60% duit nya kami pegang. Ya lihatlah ini, kami malah terhutang Rp40 juta, itu uutang desa bukan jadi utang saya,” terangnya, dengan nada sedikit kesal.

Menanggapi hal itu, Camat Mesuji Timur, Tarbin melalui telpon mengatakan, "kalau sedikit keterlambatan itu wajar, karena pencairan Dana Desa kan ada dua tahapan, pencairan tahapan pertama 60% dan yang tahapan ke dua 40%."
 
"Kalau seandainya sudah 100% masih ada utang, itu tidak wajar dan nanti saya akan hubungi Kepala Desa Abdul Salam, di mana letak kesalahan itu dan meminta Kepala Desa Abdul Salam mengerti dan Faham akan hal itu," pungkas Tabrin. (AAN.S)

No comments:

Post a Comment