MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, November 4, 2017

Komsos Kreatif Citarum Bestari Sub Sektor A12 Sungai Cirasea, Koramil 0906 Ciparay

Mayor Cahyo, Kodam III/Siliwangi
Kab. Bandung, Media Suara Nasional - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Kodam III/Siliwangi, Jumat( 3/11) melakukan bersih-bersih Sungai Cirasea di wilayah Desa Pakutandang.
Mayor Inf Cahyo perwakilan Kodam 3 Siliwangi beserta jajaran Muspika kec Ciparay

Menurut  Kapten Inf. Syuaib (Danramil) 8 Komandan Rayon Militer 0906 Ciparay saat diminta tanggapannya terkait kegiatan ini, menjelaskan, "Alhamdullilah kami beserta masyarakat Ciparay telah melaksanakan bersih-bersih Sungai Cirasea, dimana kegiatan ini bertujuan untuk ekosistem air bersih dari limbah plastik dan limbah lainnya, sekaligus menyadarkan masyarakat pada umumnya untuk tidak membuang sampah ke Sungai karena berakibat sungai akan jadi kotor karena tumpukan sampah. Dengan tujuan utamanya adalah penanggulangan bencana banjir akibat dari sumpetan sampah sehingga normalisasi air dapat terganggu," jelasnya.

"Perlu diketahui juga bersih-bersih Sungai Cirasea tidak lepas dari program Citarum Bestari dibawah komando Kodam III/Siliwangi dan pemerintah Provinsi Jawa Barat," tambahnya.

Sementara itu Mayor Cahyo yang mewakili Kodam III/Siliwangi dalam sambutannya, "Kami atas nama Kodam III/Siliwangi mengajak saudara-saudara masyarakat Kecamatan Ciparay yang dekat dengan bantaran sungai diminta untuk tidak membuang sampah ke sungai karena itu akan terjadi pencemaran lingkungan," ucapnya.

Dulu Sungai Citarum atau pun Sungai Cirasea bisa dipakai cuci pakaian dan mandi karena airnya bersih dan tidak ada pencemaran limbah pabrik maupun limbah rumahtangga.

"Sekarang coba saudara-saudara nyuci atau mandi di sungai ini,niscaya saudara-saudara gatal dan masuk klinik," tegasnya.

"Untuk itu marilah kita secara bersama menerapkan pola bersih-bersih sungai agar segala sumber penyakit yang berasal dari sungai tidak ada,dan warga bisa hidup nyaman dengan memanfaatkan sumber air," ajaknya.

Lain hal dengan Deni, Kepala Desa Pakutandang saat diminta tanggapannya terkait program Citarum Bestari, mengatakan, "kami atas nama Pemerintah Desa Pakutandang dan warga mengucapkan terimakasih terhadap Tentara Kodam III/Siliwangi dan jajaran lainnya yang telah melakukan kegiatan bersih-bersih Sungai Cirasea di wilayah Desa kami, semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat kami, untuk tidak melakukan buang sampah ke sungai karena akan mencemari lingkungan yang berdampak pada sumber penyakit dan bencana banjir," bebernya.

Lanjut Deni, "sangatlah wajar bila kami menyambut baik kegiatan ini karena sesuai dengan keinginan kami. Untuk itu kami berharap kepada TNI untuk selalu ada di hati Rakyat guna menjadi panutan Rakyat."

Program Citarum bestari ini  juga di ikuti oleh para para pedagang kaki lima (PKL) Ciparay dan warga Desa Pakutandang Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung serta unsur Muspika Kecamatan yang dihibur oleh  seni tradisional adat Sunda Jaipongan. (Arbim)

No comments:

Post a Comment