MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, November 3, 2017

Tim Survey dari Kemenkes RI Akreditasi dan Evaluasi Puskesmas Rawat Inap di Tanggamus

Kab. Tanggamus, Media Suara Nasional - Puskesmas dan Rawat Inap sebanyak 23 tersebar di 20 Kecamatan se Kabupaten Tanggamus, di akreditasi dan evaluasi dari Tim Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, tim Kemenkes terdiri dari 3 orang, 2 orang dokter (dr) 1 apoteker. Untuk memberikan penilaian terhadap peskesmas rawat inap, penilaian meliputi segi, administrasi, pelayanan publik, program kemasyarakatan,serta para personilnya.

Tujuannya agar pelaksanaan pelayanan memuaskan Masyarakat, peningkatan, keamanan pasien, maupun petugas, kesehatan yang sesuai standar operasional prosedur (SOP), yang dinilai di dalam gedung maupun diluar gedung, 80 persen pelayanan Puskesmas diluar gedung yaitu ke masyarakat.

"Klasifikasi untuk penilaian adalah sebagai berikut, untuk hasil terbaik adalah, 1. Paripurna. 2. Madya, 3. Dasar. Dasar kategori evaluasi yang kurang baik, minimal kategori nomor dua madya yang diraih oleh Puskesmas-puskesmas di Tanggamus," harap Sukisno, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Tanggamus, Rabu(1/11) di Puskesmas rawat inap Rantau Tijang Kecamatan Pugung Kabupaten tersebut.

Kemudian, Sukisno mengatakan, untuk tahun 2016 lalu ada tiga Puskesmas rawat inap yang sudah di akreditasi dan evaluasi dari Tim Kemenkes RI, yaitu Puskesmas rawat inap Kota Agung, Gisting dan Talang Padang, Kota Agung Gisting mendapatkan akreditasi madya, untuk Puskesmas rawat inap Talang Padang akreditasinya masih yang terendah yakni dasar.

Untuk tahun 2017 ini lanjutnya, ada sembilan Puskesmas rawat inap yang di akreditasi dan evaluasi Puskesmas Sudimoro, Wonosobo, Kecamatan Wonosobo Margoyoso Kecamatan Sumberejo, Pulau Panggung Kecamatan Pulau Panggung, hari pertama.

"Hari berikutnya Ngarip Kecamatan Ulubelu, Airnaningan Kecamatan Airnaningan, Sumanda Pugung, Bulok Kecamatan Bulok kemarin. Kemudian hari ini terakhir di Puskesmas rawat inap Rantau Tijang Kecamatan Pugung, dihadiri lintas sektoral, diantaranya Camat, Kapolsek Pugung, Danramil Pagelaran," ujar Sukisno disela acara itu, di Puskesmas rawat inap Rantau Tijang.

"Kemudian bagi  Puskesmas yang belum akan menyusul Juli 2018 mendatang, saat ini sedang di verifikasi oleh Tim, ada 9 lagi yaitu Puskesmas Kelumbayan, Kelumbayan Barat, Antar Brak Limau, Putih Doh Cukuhbalak, Kedaloman Gunung Alip, Pasar Simpang Kotaagung Timur, Negeri Batin, Siring Betik,dan Puskesmas Way Nipah Kecamatan Pematang Sawa," ungkapnya.

Dia menghimbau kepada seluruh Puskesmas,dan masyarakat paling tidak harus madya akreditasinya, kemudian masyarakat sadar kesehatan itu bukan milik petugas kesehatan, miliknya pemerintah, itu milik semuanya.
 
"Kesehatan itu hak azasi, namanya hak azasi ada kewajiban masyarakat ada kewajiban pemerintah untuk selalu dilayani dan melayani oleh pemerintah menjamin kesehatan masyarakat," pungkasnya. (Azhimi)

No comments:

Post a Comment