MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, February 28, 2018

KEGIATAN SEKTOR III CITARUM HARUM, KODAM III SILIWANGI PASANG JARING APUNG GUNA ANTISIPASI LIMBAH

Prajurit Kodam III Siliwangi Sektor III sedang mempersiapkan Jaring Apung.
Kabupaten Bandung, Media Suara Nasional- Guna mengantisipasi limbah sampah sungai Citarum wilayah kecamatan Pacet, Dansektor III, Kolonel Inf Erda Bachtiar bersama Prajurit Kodam III Siliwangi, Selasa (27/2) membuat jaring apung penahan sampah, tentunya hal ini untuk mencegah membludaknya limbah sampah di sungai Citarum.

Dijelaskan Dansektor III Citarum Harum Kolonel Inf Erda Bachtiar melalui Danton I Citarum Harum, Letda Abdul Ghafar,

"limbah Sampah saat ini menjadi fokus kami karena setiap harinya selalu ada saja sampah dialiran sungai Citarum walau tidak sebanyak awal kami datang bertugas di sektor III, hal ini karena kami bersama anggota Prajurit Kodam III Siliwangi setiap hari selalu melakukan bersih-bersih di sungai Citarum," jelasnya.
Giat Sektor III Citarum Harum.
"Maka kami atas perintah Dansektor III Citarum Harum melaksanakan dan membuat jaring Apung untuk menahan lajunya Limbah Sampah di Sungai ini, sekaligus memberi contoh kepada masyarakat untuk tidak membuang limbah sampah dan kotoran Hewan yang akan mengotori Sungai Citarum dimana kami berharap Sungai Citarum bisa bersih kembali seperti dulu yang tidak tercemari limbah," tambahnya.

Masih menurut Abdul Ghafar, "Tidak itu saja, kami juga membuat tanggul penahan tebing (TPT) guna menahan erosi tanah longsor bersama-sama warga secara Swadaya, tepatnya di kampung Boging Rw 07 desa Maruyung kecamatan Pacet. Ini kami  lakukan  bertujuan untuk menjaga lingkungan dan kikisan air di bantaran sungai Citarum yang berakibat longsor dan menjaga meluapnya air sungai bila turun hujan dengan curah yang tinggi, selain itu juga kami membuat Bak Sampah agar warga bisa membuang sampah pada tempatnya jangan sampai membuang sampah sembarangan ke Sungai Citarum" pungkasnya.

Red : Arbim
Kontributor : Ujg

No comments:

Post a Comment