MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, February 10, 2018

Hari Pers Nasional Ke 55 Tahun, Ketua PWI Kabupaten Bandung Berharap Tidak Ada Wartawan Tanpa Karya Tulis

H.Agus Dinar ketua PWI Kab Bandung


Kab Bandung,Media Suara Nasional-Dalam rangka memperingati Hari Pers (HPN) Nasional ke 55 Tahun, H.Agus Dinar ketua PWI kabupaten Bandung mengajak semua insan Pers untuk lebih meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan jurnalisnya,tentunya hal ini untuk mendobrak orang yang mengaku-ngaku wartawan padahal mereka itu belum pernah menulis berita,dimana kerjanya hanya menakut-nakuti instansi maupun lembaga pemerintahan dengan melakukan pemerasan,tidak jarang juga mereka menghalang-halangi kinerja wartawan berlegilitas jelas yang sedang melaksanakan liputan dengan menjadi beking dari orang yang diberitakan," ujar H. Agus.

Helatan Hari Pers Nasional ke 55 yang digelar di Saung Rumah Makan Munjul kecamatan Baleendah ini di prakarsai Wawan Iwapa Pers Grup, Sabtu (10/2) dengan Tema kita tingkatkan persaudaraan melalui Silaturahmi tinggi,Profesionalisme,kerjasama yang solid ketika bertugas di lapangan.

Masih menurut H.Agus," Guna meningkatkan profesionalisme wartawan,kami berencana untuk melakukan uji kompetensi agar wartawan bisa bekerja dengan baik dan bertanggungjawab terhadap isi berita yang ditayangkannya sesuai dengan kode etik jurnalis serta menghambat laju dan  menjamurnya wartawan CNN( Can Nulis-Nulis) yang merusak Citra wartawan sungguhan di kabupaten Bandung." Ucapnya.
Agus juga menambahkan wartawan yang jelas legilitasnya itu punya karya tulis disamping dibekali Namtag dan Kartu Tanda Anggota Kewartawanan dari perusahaannya serta tercantum dalam Box Redaksi.
   Menjamurnya wartawan abal-abal sangat menganggu kinerja wartawan sungguhan untuk itu kepada instansi yang terkait harus bisa membedakan wartawan asli dan bukan" tegasnya.
Tidak jarang instansi dan lembaga terkait bila didatangi wartawan asli yang sedang melukan tugas jurnalisnya malah banyak menghindar,mungkin karena merebaknya wartawan abal-abal yang tidak bertanggungjawab sehingga mereka itu merasa ketakutan.
Tuntutan Pers kedepannya cukup berat dan setiap wartawan harus mengikuti seminar-seminar dan sekolah kejurnalisan yang akan digelar PWI Jabar,guna menangkal berita-berita Hoax.


Sementara  Wawan Iwapa salah satu wartawan senior dikabupaten Bandung menegaskan," kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Pers Nasional tahun 2018, sekaligus menjalin tali silaturahmi diantara kita semua agar satu sama lain wartawan dari berbagai media bisa saling mengenal sekaligus memperkokoh tali persaudaraan dengan tujuan agar wartawan bisa menghargai karya tulis dari setiap insan Pers tanpa ada yang bisa menghalangi atau membekingi.Karena tugas wartawan sangat mulia membantu pemerintah dalam menjalankan program-program kerjanya." Ujar wawan disela-sela sambutannya.

Dilain pihak  Kapolsek Baleendah yang diwakili Kanit Reskrim Ipda ,Dedi Supriyadi menjelaskan,"hubungan  soliditas yang selama ini terjalin antara Polri dan wartawan agar lebih ditingkatkan lagi. Selain itu Ia berharap agar setiap pemberitaan yang muncul bisa lebih obyektip dan berimbang serta transparan.

Masih ditempat yang sama ,Ketua GNPKRI Jawa Barat ,Nana Supriatna mengatakan,"  media dan insan Pers merupakan pejuang dalam rangka menegakan kebenaran, apa jadinya bangsa dan negara tanpa ada media atau wartawan." Pungkasnya.  ( Bung Arbim)

No comments:

Post a Comment