MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, October 5, 2017

Bea Cukai Musnahkan Jutaan Rokok Ilegal

Proses pemusnahan jutaan rokok ilegal
Pasuruan, Media Suara Nasional - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai tipe Madya Pabean A Pasuruan, yang beralamat di Jl. Rembang Industri Raya No.1 Rembang, Kab. Pasuruan berhasil memusnahkan 2.339.435 batang rokok dari jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM).
Pemusnahan ini sesuai dengan surat keputusan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Nomor S-21/MK.06/WKN.10/2017,  S-22/MK.06/WKN.10/2017, S-23/MK.06/WKN.10/2017 Tanggal 22 Agustus 2017 serta S-215/MK.6/KN.5/2017 tanggal 24 Agustus 2017. Pemusnahan sebagian barang bukti dilakukan di halaman Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Kab. Pasuruan, Rabu (04/10).
Turut hadir dalam kegiatan pemusnahan tersebut, perwakilan dari Polres Pasuruan, Pengadilan Negeri Pasuruan, Kejaksaan Negeri Pasuruan dan Pemkab Pasuruan.
Menurut Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean A Pasuruan Bier Budy Kismulyanto disela-sela rilis menjelaskan, "dalam 3th terakhir kantor KPPBC Tipe A Madya Pabean A Pasuruan telah melakukan penindakan 61 (enam puluh satu) kasus penindakan di bidang ke pabeanan dan cukai, antara lain dapat di uraikan 24 penindakan selama tahun 2015, 12 penindakan selama tahun 2016, dan 25 penindakan ditahun 2017."
"Pada periode 2017 ini, didapat penindakan berdasarkan dari informasi masyarakat di peroleh sebanyank 2.339.435 batang jenis sigaret dan kerugian mencapai lebih Rp. 1 Milyar," ungkapnya.
Disaat akan dimulai pemusmahan barang bukti, sempat ada kejadian mencengangkan, ketika api mulai di sulut ke batang tongkat besi yang diujung diberi kain bercampurnya minyak bensin, tiba-tiba meledak.
Ledakan di akibatkan oleh tumpukan rokok yang dituangi bensin bukan solar/minyak gas. Sontak secara bersamaan Kepala Bea dan Cukai  dan anggota yang lain di lokasi kaget dan berhamburan mundur dari tumpukan barang bukti rokok yang sudah terbakar, dan bersyukur semua selamat.
Kepala Bea dan Cukai Pasuruan Bier Budy Kismulyanto menuturkan, "kami sangat berterima kasih kepada seluruh undangan yang sudah hadir dan berpartisipasi dalam upaya penegakan hukum dibidang cukai. Keberhasilan ini tak lepas dari kerjasama dan sinergi yang kuat antara stakeholder dan semua jajaran terkait."
Disinggung soal ledakan yang terjadi akibat pemusnahan batang rokok yang menggunakan minyak bensin, dia (kepala bea dan cukai) "spontan kita kaget, namun hal ini biasa," akhinya sambil tertawa manis. (IL)

No comments:

Post a Comment