MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, October 13, 2017

Posdaya Pagedangan Raya Giat Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan dan Memasyarakatkan Makanan Khas Tangerang

Yuliati, Ketua Posdaya Pagedangan Raya
Kab. Tangerang, Media Suara Nasional - Pemberdayaan Keluarga "Posdaya Pagedangan Raya" Kecamatan Pagedangan di kukuhkan pada tanggal 27 Juli 2010 oleh H. Soma Atmaja. Kala itu beliau Camat Pagedangan demi untuk mensukseskan 4 pilar program penting dalam kehidupan, meliputi bidang Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan dan Lingkungan. Sebuah ide cemerlang Prof. DR. H. Hayono Suyono Ketua Yayasan Damandiri untuk Negeri Tercinta.
Program yang sedang giat dilakukan Posdaya Pagedangan Raya bekerjasama dengan berbagai pihak ialah berbasis Ekonomi. Program ini serius dirancang demi membantu Pemerintah Kabupaten Tangerang mensosialisasikan "Marantang" makanan Khas Tangerang. Caranya melalui Seminar dan Loka Karya, baazar. Semuanya itu demi membangkitkan dan mengembangkan potensi-potensi perekonomian masyarakat serta kearifan lokal, membudidayakan makanan khas Tangerang.

  • Memanfaatkan Lahan Tidur
Selain itu juga, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pagedangan dan memanfaatkan lahan tidur, dibangun kolam-kolam ikan air rawa, dengan budidaya ikan Lele, Mas, Patin, Gurame dan Mujair serta berternak Unggas.
Dan kedepan Posdaya Pagedangan Raya akan bekerjasama dengan Hipmi Kabupaten Tangerang yang saat ini masih dalam tahap studi banding adalah mengembangkan Penggemukan Kambing dan Sapi.
Kolam ikan air rawa
  • Bidang Pendidikan

Karena Pendidikan menunjukan karakter bangsa, Posdaya Pagedangan Raya turut serta mencerdas Bangsa dengan mendirikan TBM dan Perpustakaan Umum. Mengadakan pelatihan-pelatihan keterampilan bekejasama dengan lembaga-lembaga pendidikan keterampilan, Balai Latihan, Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta, penerbit dan para Pengembang Proferti, penerbit dan media massa.
Saat MSN menemui Yuliati, Ketua Posdaya Pagedangan Raya di Saung Empang Budi Daya Ikan Lele di Kp. Ranca Meong Desa Kadu Sirung Kecamatan Pagedangan, Kamis (12/10/2017), dan berbicang-bincang santai dengan beliau menjelaskan, "Posdaya Pagedangan Raya ini dibentuk dengan itikad baik membantu Pemerintah Kabupaten Tangerang, 4 pokok program Posdaya secara Nasional, terlebih dahulu kami mencoba berbasis ekonomi."

"Banyak hal telah kami lakukan, diantaranya diskusi dalam upaya menggerakan ekonomi kerakyatan, Baazar-baazar hasil produk-produk masyarakat Kecamatan Pagedangan. Banyak macam jenis makanan asli khas Tangerang, diantaranya Papais Inti, Cuhcur, Cingcin, Taripang, Jipang, Ranginang dan lain-lain," jelasnya.
Kerja sama yang baik juga kami lakukan dengan berbagai pihak baik terutama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang, Legislatif, Balai Latihan dan Lembaga Pendidikan Keterampilan, para pengusaha, pengembang Real Estate, Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta sebagai Pendamping.

"Sebagai contoh, kami bekerjasama dengan Universitas Multi Media Nusantara (UMN) dalam program Tekhnologi Komputer dan Komunikasi Saba Desa (TEH KOKOM SABA DESA), mengenalkan tekhnologi komputer terhadap masyarakat Kecamatan Pagedangan yang hasilnya cukup di respon sangat baik dan di rasakan maanfaatnya oleh masyarakat Kecamatan Pagedangan," imbuhnya.
"Kami punya mimpi bagaimana makanan khas Tangerang ini selain di konsumsi masyarakat Tangerang dapat juga dijadikan Produk terkenal dan mampu bersaing di pasar-pasar jajanan dan kuliner, dapat dipasarkan di sentra- entra kuliner, menjadikan sebuah Produk kebanggaan masyarakat Tangerang yang laku dipasarkan," harap Yuliati

"Apalagi produk-produknya dikemas dengan rapih dan menarik, itu sudah pasti bisa jadi sebuah produk andalan yang bisa menambah penghasilan warga masyarakat Tangerang. Dan merupakan oleh-oleh khas Tangerang bagi para wisatawan kuliner lokal maupun manca Negara," tambahnya.

"Mudah-mudah mimpi kami dan harapan masyarakat Kabupaten Tangerang menjadi kenyataan. Tentunya hal ini perlu dukungan semua pihak terutama Pemerintah Kabupaten Tangerang," pungkasnya.
Rep: Kang Syab     |     Red: Jhefry

No comments:

Post a Comment