MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, October 11, 2017

Selain Membangun Infrastruktur, Desa Binangun Juga Mengadakan Program Pemberdayaan Masyarakat

Udung, Kepala Desa Binangun
Kota Banjar, Media Suara Nasional - Berbagai program pembangunan terus dilakukan di Desa Binangun Kecamatan Pataruman, Kota Banjar melalui anggaran bantuan dari Pemerintah Kota Banjar yaitu anggaran APBD 2017 berupa anggaran Alokasi Dana Desa (ADD).

Kepala Desa Binangun, Udung ketika ditemui Media Suara Nasional di ruang kerjanya mengatakan, bahwa pembangunan berbagai infrastruktur terutama jalan kiv kami laksanakan di semua dusun yang ada di Desa Binangun, dengan maksud agar seluruh masyarakat Desa Binangun yang tersebar di 3 dusun yaitu Dusun Pangasinan, Dusun Priyagung dan Dusun Giri Mulya semuanya merasakan adanya pemerataan pembangunan, agar warga masyarakat seluruhnya tidak ada rasa kecemburuan sosial karena semuanya merasakan hasil dari pembangunan tersebut.

"Anggaran bantuan dari Pemerintah Kota Banjar dari anggaran APBD 2017 berupa anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) yang diterima Desa Binangun bukan hanya untu membangun infrastruktur saja tetapi kami pun sebagai Pemerintah Desa mengadakan berbagai program pemberdayaan masyarakat diantaranya program budidaya perikanan lele dan kami bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kota Banjar," ucap Udung.

Selain budidaya perikanan lele, Desa Binangun juga mengembangkan kerajian tradisional.
"Kami juga mengembangkan pengrajin anyaman bambu dan pengrajin sapu lidi dan kami pun bekerjasama dengan Dinas Disperindagkop Kota Banjar," ungkapnya.

Lalu, Desa Binangun pun mengadakan pelatihan anggota LPM serta Rt/Rw dan juga PKK serta Karang Taruna. Agar masyarakatnya lebih maju lagi dalam berbagai hal, terutama yang berkaitan dengan SDM, sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat pembangunannya.

"Dengan program pemberdayaan yang kami laksanakan, bertujuan agar Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Desa Binangun bisa lebih mumpuni dalam bidangnya masing masing, sehingga semua program yang kami rencanakan untuk membangun berbagai program pembangunan baik itu pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan bisa dilaksanakan dengan sebaik mungkin. Sehingga seluruh masyarakat merasa puas dan hasil pembangunannya pun akan bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga Desa Binangun itu sendiri," pungkasnya.

Rep: Tahyan   |   Red: Jefry

No comments:

Post a Comment