MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, September 14, 2016

Duh Kasihan, Rumah Janda di Pekalongan Roboh Diterjang Angin

Pekalongan - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah atas belum lama ini mengakibatkan rumah milik seorang janda veteran, Sumarni (67) warga Dusun Kempong, RT 08, RW 01, Desa Sukomangli, Kecamatan Patean, roboh rata dengan tanah.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa musibah bencana alam tersebut. Namun, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Hal itu dibenarkan Camat Patean, Yanuar Fatoni, kepada radarpekalongan. Selasa (13/9). Kata dia, peristiwa bencana alam itu terjadi pada, Minggu (11/9) malam, pukul 19.00 WIB. “Rumah warga yang roboh itu milik Sumarni, janda veteran. Ia tinggal di rumah itu seorang diri. Selain faktor cuaca hujan dan angin, kondisi rumah yang tak terlalu kuat juga yang jadi penyebab rumah tersebut roboh rata dengan tanah,” kata dia.

Yanuar mengaku sudah melaporkan peristiwa bencana alam rumah roboh yang menimpa warganya di Kecamatan Patean kepada Sekda Kendal yang selanjutnya diteruskan ke Dinas Sosial Kendal dan BPBD Kendal.

“Paska kejadian, malam itu juga langsung saya laporkan ke bapak Sekda via WhatApp (WA). Selain itu, musibah rumah roboh itu juga saya dibuatkan laporanya secara tertulis. Alhamdulillah, langsung direspon. Bantuanya sudah masuk, dari Dinas Sosial pada Minggu (11/9) siang, berupa Sembako. Sedankan, bantuan dari BPBD Kendal berupa natura dan alat perlengkapan lainya datangnya, Senin (12/9) siang,” terang dia.

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Kendal, Slamet, membenarkan, bahwa BPBD telah menyalurkan bantuan kepada warga yang rumahnya roboh berada di Desa Sukomangli, Kecamatan Patean. Rumah roboh itu milik seorang janda veteran. Kondisi rumah yang tidak kuat menahan hujan deras disertai angin kencang yang menyebabkannya roboh rata dengan tanah.

“Laporan yang masuk, kerugian materialnya sekitar Rp 30 juta. BPBD sudah memberikan bantuan pada ibu janda veteran itu berupa natura dan berbagai barang perlengkapan lainya, seperti tikar, perkakas memasak dan lainya,” ungkap dia.***

No comments:

Post a Comment