MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, October 12, 2017

Sekolah di Jonggol Nyaris Ambruk, di Biarkan Begitu Saja

Elis Destianawati, S.Pd Kepala Sekolah SDN Singajaya 06 saat di ruang sekolah yang rusak
Jonggol, Media Suara Nasional - Impian Kabupaten Bogor sebagai Kabupaten Termaju di Indonesia sepertinya masih jauh dalam pencapaiannya, terutama dibidang pendidikan pasalanya masih ada kekurangan terutama sarana prasarana belajar  berupa infrastruktur gedung sekolah negeri yang masih dalam keadaan tidak layak pakai, seperti tak tersentuh pembangunan.
 
Hal ini terjadi di SDN Singajaya 06 yang terletak di kampung Cikajang Desa Singajaya Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor sungguh miris kondisi gedung terlihat sangat memprihatinkan semua ruang kelas untuk proses belajar-mengajar sudah tak dapat digunakan lagi sejak lima bulan lalu.

Informasi yang didapat dari pihak sekolah, bahwa gedung SDN Singajaya 06 Jonggol didirikan sejak tahun 1987, dan terakhir di renovasi pada tahun 2007. Sejak direnovasi gedung sekolah pada tahun 2007 hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Bogor belum merealisasi bantuan perbaikan gedung tersebut.

Murid yang tersisa mulai dari kelas 1 hingga 6 kini hanya 85 siswa/siswi, dan 5 orang tenaga guru pengajar termasuk Kepala Sekolah. Para murid melakukan kegiatan belajarnya dengan memanfaatkan ruang guru, ruang perpustakaan dan teras didua ruangan tersebut.

Kondisi ruang kelas yang rusak
Kepala SDN Singajaya 06 Jonggol, Elis Destianawati, S.Pd, mengatakan pihaknya sangat berharap dari pemerintah secepatnya merealisasi perbaikan sekolah ditempat dirinya mengajar. "Informasi dari Disdik, bahwa renovasi gedung SDN disini akan direalisasi di tahun 2018," ungkap Kepsek yang baru mengajar di SDN Singajaya 06 sejak lima bulan lalu, Rabu (11/10/2017).

"Kondisi ruang kelas belajar siswa sudah tak bisa dipakai lagi sudah sangat lama, kondisi seperti ini akan mempengaruhi terhadap orangtua murid khusunya warga sekitar. Bagaimana muridnya mau bertambah dengan kondisi fisik gedung SDN disini jika terlihat sangat memprihatinkan," cetus Elis.

Pihak sekolah juga berharap pemerintah setempat dapat memperhatikan kondisi gedung SDN Singajaya 06 Jonggol yang sudah sangat memprihatinkan saat ini, dengan kondisi yang sewaktu-waktu dapat membahayakan keselamatan para siswa maupun gurunya dalam proses belajar-mengajar.

"Diketahui, luas lahan SDN Singajaya 06 Jonggol seluas 1.700 meter persegi. Dan hanya dua ruangan yang dipakai dalam proses belajar mengajar yaitu Ruang Guru dan Ruang Perpustakaan," tandas Elis.
 
Rep: Men     |     Red: Jef

No comments:

Post a Comment