MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, April 3, 2018

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab.Tolitoli Laksanakan Seminar Awal Strategis

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab.Tolitoli Laksanakan Seminar Awal Strategis
Kabupaten Tolitoli,Media Suara Nasional-Untuk tersedianya database perwilayahan komoditas dan kesesuaian lahan yang dapat dijadikan dasar bagi pengambilan kebijakan dalam pengelolaan lahan untuk mencapai produksi komoditas perkebunan yang optimal dalam rangka peningkatan kesejahteraan petani, pemerintah daerah Kabupaten Tolitoli dalam hal ini Dinas Perkebunan dan Peternakan pada 3 April 2018 melaksanakan seminar awal penyusunan peta perwilayahan komoditas perkebunan dan strategi pengembangannya kerja sama dengan Universitas Tadulako Palu.

Kegiatan ini terlaksana atas kesepakatan bersama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli dengan Universitas Tadulako Palu nomor 181.1/010/Bag.Kumdang 2016, dan nomor 1377/UN.28/KP/2016 tanggal 22 Februari 2016.

Ketua panitia pelaksana Kunhadi, SP., M.Si dalam laporannya mengatakan ada 3 hal yang menjadi tujuan utama dilaksanakannya kegiatan ini, yaitu pertama untuk menilai dan memetakan kelas kesesuaian lahan untuk pengembangan tanaman perkebunan khususnya komoditi cengkeh, kelapa, kakao dan pala.

Kedua, mengkaji potensi dan kendala dari masing-masing lahan untuk berbagai penggunaan lahan. Dan ketiga, untuk mengkaji kondisi sosial, ekonomi, budaya masyarakat khususnya yang ada disekitar lokasi yang dilakukan pemetaan.

Dikatakan, ada tiga Kecamatan di Kabupaten Tolitoli yang menjadi sasaran kegiatan ini yaitu Kecamatan Dondo, Kecamatan Dampal Utara dan Kecamatan Dampal Selatan. Bupati Tolitoli dalam sambutannya yang dibacakan oleh  Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Drs. Mukaddis Syamsuddin, M.Si menyampaikan. Kabupaten Tolitoli memiliki potensi sumber daya alam yang begitu besar pada sektor perkebunan dengan komoditi andalan seperti cengkeh, kelapa, kakao dan pala.

Keempat komoditi ini merupakan komoditi penopang terhadap Pendapatan Asli Daerah. Selain itu, komoditi andalan ini mampu membantu memperbaiki perekonomian warga dan sekaligus berkontribusi nyata terhadap peningkatan produk domestic regional bruto (PDRB) sehingga dapat disimpulkan, bahwa komoditi andalan ini merupakan potensi yang dapat dikelolah secara optimal dan berkelanjutan. 

Agar komoditi tersebut dapat lebih dimaksimalkan sebagai penunjang pendapatan, tentunya sangat dibutuhkan analisis kesesuaian lahan dan sosial ekonomi, melalui peta lahan dan data biofisik lahan untuk dijadikan dasar kebijakan pembangunan sektor perkebunan kearah yang lebih baik, demi terwujudnya Tolitoli yang sejahtera, berkarakter, aktif, adil dan religius.

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Hotel Mitra Utama ini  dihadiri wakil ketua DPRD Kabupaten Tolitoli Ir. Hj. Nursidah K. Bantilan, MM Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan pimpinan unit kerja terkait dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Ir. Hardiyan Saad, M.Si    Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Tolitoli Dr.Sjarifuddin Ende, SP, M.Si,  para Camat, Penyuluh Pertanian Lapangan, ketua-ketua kelompok tani dilokasi pemetaan, insan pers, panitia pelaksana dan peserta seminar serta para nara sumber yang terdiri dari tehnis lapangan, sumber daya lahan, ilmu pemasaran, dan manajemen agribisnis.( merry/rusli)

No comments:

Post a Comment