MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, April 21, 2018

PERINGATI HARI BUMI SEKTOR VII TANAM 1000 POHON DI SEMPADAN SUNGAI CITARUM



Kab Bandung,Media Suara Nasional-Gerakan penanaman 1000 pohon sepanjang sempadan Sungai Citarum,di kampung Parunghalang Kelurahan Andir kecamatan Baleendah yang dilakukan Satgas Prajurit Kodam III Siliwangi SubSektor VII bersama Sekolah Alam Gaharu dan Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Bandung,Sabtu(21/4) dalam rangka memperingati Hari Bumi serta melestarikan dan menjaga sungai Citarum dari longsor erosi akibat kikisan air sungai sesuai dengan salah satu tujuan utama program Citarum Harum yang dicanangkan pemerintah pusat melalui Presiden Jokowi.

Menurut Kolonel Kav Purwadi DanSektor VII Satgas Citarum Harum melalui Lettu Cku Jumarno,Danton 1 SubSektor VII saat melakukan kegiatan penanaman 1000 pohon,menjelaskan," pada saat ini pemerintah sedang menggalakan gerakan Citarum Harum dalam rangka memulihkan ekosistem sungai Citarum dari hulu sampai hilir,"ucapnya.

Dalam rangka kegiatan penanaman 1000 pohon yang di laksanakan Yayasan Alam Gaharu bekerjasama Dinas Lingkugan Hidup kabupaten Bandung,sangat membantu program pemerintah pusat untuk mengembalikan jati diri sungai Citarum menjadi Harum,sesuai dengan peringatan Hari Bumi,"jelasnya.

Masih ditempat yang sama pengurus sekolah Alam Gaharu,Yasir mengatakan,"gerakan penanaman 1000 pohon ini merupakan sebuah proses pendidikan bagi kami kepada  anak-anak sekolah Alam Gaharu ,untuk peduli dan mencintai lingkungan hijau, juga merupakan kegiatan rangkaian Gaharu Feace 2018,dimana didalamnya melakukan kegiatan peduli Alam,seperti sekarang ini kami melakukan penanaman pohon di bantaran sungai Citarum agar bantaran sungai ini Asri dan Indah dipandang mata serta membantu menampung resapan air sungai,seterusnya menjaga erosi tanah dan Banjir."tegasnya.

Perlu diketahui juga pohon yang kami tanam merupakan bantuan dari Dinas Lingkungan hidup kabupaten Bandung,kemudian kami tanam bersama orangtua siswa dan seluruh komponen dibantu oleh Satgas Citarum Harum dari Kodam III Siliwangi Sektor VII,dimana tujuan utama kami melakukan pendidikan pembelajaran kepada anak-anak agar mencintai lingkungan dan alam ini,tentunya juga mencintai sungai citarum agar tidak ada lagi banjir,karena anak-anak sekolah bila musim hujan selalu menjadi korban banjir,"terangnya.

Hal senada dikatakan Ray perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Bandung,"kami dari pemerintah kabupaten Bandung Dinas Lingkungan Hidup,membantu dan menyiapkan bibit bilamana ada kelompok masyarakat,Dinas instansi dan lembaga yang memohon ajuan bantuan untuk gerakan cinta lingkungan dengan harapan masyarakat betul-betul bergerak 1 orang menanam 4 pohon agar  terwujudnya lingkungan Hijau yang Asri.

Sehingga kelak di kabupaten Bandung ini akan tumbuh pohon-pohon yang bisa menghasilkan oksigen segar bebas polusi." Pungkas Ray saat di wawancara MSN. ( Arbim)

No comments:

Post a Comment