MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, April 17, 2018

Kab.Tolitoli Selenggarakan Pelatihan Singkat"Intensifikasi Penemuan Kusta Dan Frambusia"

Kab.Tolitoli Selenggarakan Pelatihan Singkat"Intensifikasi Penemuan Kusta Dan Frambusia"
Kab.Tolitoli,Media Suara Nasional-Penyakit Kusta dan Frambusia masih merupakan salah satu masalah kesehatan di Indonesia, setiap tahun ditemukan sekitar 20.000 penderita kusta dan 6.000 penderita frambusia.

Di Tolitoli dilaporkan sebanyak 57 orang ditemukan menderita kusta. olehnya itu, Dinas Kesehatan Tolitoli menyelenggarakan Advokasi, Sosialisasi dan Pelatihan singkat dalam rangka Intensifikasi penemuan kusta dan frambusia,yang bertempat di Aula Hotel Mitra,senin (16/4).

Mattalata Tanra S. Kep. M. Kes dalam laporan kepanitiannya menyampaikan bahwa kegiatan Advokasi Sosialisasi dan pelatihan singkat mempunyai tujuan yaitu untuk mensosialisasikan penyakit kusta dan frambusia di semua kalangan, adanya pencegahan dan pengendalian, dan tersusunnya jadwal pelaksanaan intensifikasi penemuan kasus kusta dan frambusia.

Bupati Tolitoli yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs. Mukaddis Syamsuddin M. Si membuka dengan resmi kegiatan tersebut. dalam sambutannya,beliau menyampaikan  bahwa Advokasi merupakan suatu upaya untuk mendapatkan komitmen yang kuat dari pemerintah pusat dan daerah serta pemangku kepentingan terkait, sehingga kegiatan yang dikemas dalam bentuk kampanye kusta dan eradikasi frambusia adalah suatu sarana untuk mengatasi masalah sosial di masyarakat dengan kecacatan yang ditimbulkan dan berharap bisa memutuskan mata rantai penularan pada keluarga dan masyarakat sekitarnya. 

Turut hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan, Camat Baolan, dan Kepala-kepala Puskemas Se-Kabupaten Tolitoli.(rusli/mery)

No comments:

Post a Comment